Peristiwa Daerah

Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Kapolda Jatim 2024 Diikuti 1.965 Peserta Dalam dan Luar Negeri

Senin, 01 Juli 2024 - 11:41 | 19.33k
Kejuaraan Bulutangkis Piala Kapolda Jatim 2024. Kejuaraan ini dihelat bertepatan pada HUT Bhayankara ke-78 ,Senin (1/7/2024) di Gor Sudirman Kota Surabaya.
Kejuaraan Bulutangkis Piala Kapolda Jatim 2024. Kejuaraan ini dihelat bertepatan pada HUT Bhayankara ke-78 ,Senin (1/7/2024) di Gor Sudirman Kota Surabaya.

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Bertepatan dengan Hari Bhayangkara ke-78 hari ini  Senin (1 Juli 2024), Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Kapolda Jawa Timur tahun 2024 resmi digelar. 

Event bergengsi ini di ikuti 1.965 peserta dari berbagai Kabupaten/Kota Provinsi di Indonesia. Tak hanya itu kejuaraan kerja sama PBSI Jawa Timur dan Polda Jatim ini juga diikuti peserta dari luar negeri seperti atlet dari Malaysia, Singapura dan India. Kejuaraan ini berlangsung 1 juli hingga tanggal 6 Juli 2024 mendatang. 

Umum-PBSI-Jatim.jpgTonny Wahyudi, Ketua Umum PBSI Jatim dan Sekretaris Umum PBSI Jatim, Hendro Puspito. (FOTO: dok PBSI Jatim)

Kejuaraan Bulu Tangkis merebutkan tropi Kapolda Jatim, Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si. juga bakalan mendapat Rekor MURI dengan peserta terbanyak. Sebelumnya, Polda Jatim juga berhasil meraih penghargaan MURI atas rekor pemrakarsa lomba balap sepeda dengan peserta terbanyak. 

Tonny Wahyudi, Ketua Umum PBSI Jatim kepada TIMES Indonesia mengatakan jika kejuaraan nasional dengan peserta terbanyak sebelumnya dipegang Piala Gubernur Jatim dengan 1692 peserta. Antusias peserta di Piala Kapolda Jatim tahun 2024 ternyata lebih tinggi dengan diikuti 1.965 peserta.

peserta-saat-bertanding.jpgPeserta saat bertanding di kejuaraan Bulutangkis Piala Kapolda Jatim 2024 ini akan dihelat bertepatan pada HUT Bhayankara ke-78 ,Senin (1/7/2024) di Gor Sudirman Kota Surabaya. (FOTO: Hamida/TIMES Indonesia)

"Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Kapolda Jatim yang kami gelar bertepatan dengan Hari Bhayangkara ke 78 tahun 2024, diikuti peserta terbanyak dan masuk dalam Rekor MURI," kata Tonny

Tonny melanjutkan jika, hari ini tepat 1 Juli 2024, 1.965 peserta mulai bertanding, terbagi menjadi dua bagian kategori,  Yakni kategori umum dan kategori internal (Polres) se-Jatim. Mempertandingkan kelas anak-anak, pemula, remaja, taruna, dan dewasa.

"Bagi pemenang dari kategori internal, nantinya akan kami kirim ke event Bulutangkis Piala Kapolri 2024," ungkap Tonny. 

Tonny menambahkan jika empat lokasi di Kota Surabaya menjadi tempat pelaksanaan turnamen Bulutangkis Piala Kapolda Jatim, yakni GOR Bulutangkis Sudirman, GOR Bulutangkis Suryanaga, GOR Bulutangkis MERR dan GOR Bulutangkis Polda.

"Dengan total hadiah Rp250 juta dan trofi dari Kapolda Jatim, Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si.," terangnya

"Ajang ini diharapkan dapat memunculkan bibit unggul atlet bulu tangkis untuk Jawa Timur dan Indonesia. Kejuaraan ini juga merupakan bentuk partisipasi Polri dalam mendukung kebangkitan olahraga nasional, khususnya oalahraga bulu tangkis, serta memberikan motivasi dan wadah positif bagi generasi muda," sambung Tonny.

Sementara itu Kapolda Jatim, Irjen Pol Imam Sugianto mengatakan kejuaraan Piala Kapolda Jatim adalah  wujud nyata partisipasi Polri untuk mendukung bangkitnya olahraga nasional dalam hal bulu tangkis, memunculkan bibit atlet yang juara di Jatim.

"Bulu tangkis adalah salah satu cabang olahraga yang digemari masyarakat. Olahraga yang mengharumkan nama bangsa di event nasional. Turnamen yang digelar PBSI Jatim ini sangat patut didukung untuk memberikan wadah bagi anak-anak muda atau bibit atlet bulu tangkis yang memiliki minat olahraga," katanya. 

"Target kami ingin berpartisipasi memberi motivasi melalui Kejuaraan Bulu Tangkis Kapolda Jatim 2024.  Dan ini positif mencegah anak anak muda ke arah negatif. Kalau diarahkan ke olahraga, anak tidak akan berperilaku menyimpang dan tentu akan banyak atlet potensial dari Jawa Timur," harap Kapolda Jatim, Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si.

Terpisah Sekretaris Umum PBSI Jatim, Hendro Puspito mengungkapkan jika Event Kejuaraan Bulu Tangkis Polda Jatim 2024 merupakan ajang unjuk gigi bagi atlet-atlet muda bulu tangkis Indonesia. Hendro mengharapkan atlet atau bibit bibit baru bulu tangkis Jatim dalam di Piala Kapolda Jatim 2024 semakin banyak dan berprestasi.

"Tentu sebagai Tuan Rumah, atlet-atlet bulu tangkis Jawa Timur harus maksimal dan bisa memperoleh banyak mendali pada Kejuaraan Bulu Tangkis Kapolda Jatim 2024," kata Hendro

Untuk diketahui, pembukaan Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Kapolda Jatim 2024 ini akan dihelat bertepatan pada HUT Bhayankara ke-78 ,Senin (1/7/2024) di Gor Sudirman Kota Surabaya. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES