Peristiwa Daerah

Penyerahan Dana Bansos DBHCHT Pertengahan Juli akan Diberikan di Pringkuku Pacitan

Senin, 01 Juli 2024 - 15:51 | 12.58k
Kepala Dinsos Pacitan Sumorohadi saat menghadiri salah satu penyerahan bansos. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Kepala Dinsos Pacitan Sumorohadi saat menghadiri salah satu penyerahan bansos. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) dan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2024 di Kabupaten Pacitan akan dilakukan pada tanggal 15 Juli mendatang.

Secara simbolis di Kantor Pertanian Kecamatan Pringkuku, Pacitan, 15 Juli 2024 mendatang itu pun sebagai langkah untuk mendukung kesejahteraan buruh pabrik rokok dan buruh tani tembakau.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pacitan, Sumorohadi, mengungkapkan, sebanyak 5.234 penerima akan menerima bantuan ini. Mereka terbagi atas 2.633 buruh pabrik rokok dan 2.601 buruh tani tembakau.

"Penyerahan secara simbolis nanti akan dihadiri langsung oleh Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji," kata Sumorohadi.

Tradisi tahun ini biasanya dilakukan di pabrik rokok, namun pada tahun ini, lokasi penyampaian dipindahkan ke Pringkuku, fokus kepada buruh tani tembakau. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung sektor pertanian, terutama di wilayah yang terkenal dengan hasil tembakau unggulnya.

Bansos dan DBHCHT tahunan ini sangat dinantikan oleh masyarakat, karena membantu meringankan beban hidup mereka. Bagi pekerja pabrik rokok, ini menjadi penghasilan tambahan yang sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Sementara bagi pekerja tani tembakau, bantuan ini mendukung mereka dalam menjaga produktivitas dan keberlanjutan usaha pertanian mereka," katanya. Senin (1/7/2024).

Sumorohadi menambahkan pengajuan bansos juga sebagai momentum untuk memperkuat hubungan antara pemerintah dan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan bersama.

"Kami berharap bantuan ini dapat memberikan dampak yang signifikan bagi penerima, sehingga mereka dapat merasakan manfaat langsung dari program ini," ujarnya.

Melalui bantuan ini, diharapkan dapat terus memperkuat sektor ini sebagai salah satu pilar ekonomi utama daerah.

Pemerintah Kabupaten Pacitan terus berkomitmen untuk memberikan dukungan maksimal kepada sektor-sektor yang menjadi tulang punggung ekonomi lokal, termasuk buruh pabrik rokok dan buruh tani tembakau.

Dengan pendekatan ini, diharapkan dapat tercipta kondisi sosial ekonomi yang lebih stabil dan berkelanjutan bagi masyarakat Pacitan secara keseluruhan.

Dengan demikian, pelaksanaan penyerahan bansos dan DBHCHT tahun 2024 ini di Pringkuku, Pacitan, menjadi bukti nyata dari upaya bersama untuk menciptakan kesejahteraan yang merata dan berkelanjutan di seluruh wilayah Kabupaten Pacitan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES