Peristiwa Daerah

Mini Fest Titik Kumpul di Larantuka, 2.450 Pengunjung Ramaikan Festival

Rabu, 03 Juli 2024 - 16:38 | 12.33k
Mini Festival Titik Kumpul di Kota Larantuka untuk meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat.(FOTO:Habibudin/TIMES Indonesia)
Mini Festival Titik Kumpul di Kota Larantuka untuk meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat.(FOTO:Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, FLORES TIMURMini Fest Titik Kumpul di Larantuka, Kabupaten Flores Timur mampu mendatangkan 2.450 pengunjung meramaikan festival.

“Festival yang digelar selama 3 hari berhasil mendatangkan sebanyak 2.450 pengunjung yang terdiri dari anak-anak, remaja dan orang dewasa,”kata Ketua penyelenggara Festival Rofinus Monteiro Rabu (3/7/2024).

Menurutnya, festival ini juga mengundang perhatian para pelaku ekonomi kreatif dan pengunjung dari beberapa Kabupaten tetangga seperti Lembata, Sikka dan Ende hingga Diaspora warga Larantuka dari Jakarta dan Kalimantan turut hadir.

“Ini menjadi kebanggaan bagi penyelenggara karena mampu manarik perhatian para pelaku ekonomi kreatif dan pengunjung dari daerah jauh,”tutur Rofinus.

Dimana, tambah dia, dengan digelarnya Mini Festival titik kumpul. Penyelenggara berhasil melakukan perputaran ekonomi hingga Rp 45,3  juta selama Mini Festival berlangsung.

“Pendapatan tersebut diterima dari dua sektor yakni, hasil penjualan pelaku ekonoi kreatif dan parkir kendaraan,”ujarnya.

Rofinus mengungkapkan, Mini Fest ini dilaksanakan dalam rangka test pasar. Apakah ada peminat atau tidak namun acara itu kita jalankan sekalian test pasar. Mini Fest skala kecil ini apakah banyak peminat dan penikmatnya atau tidak, ternyata pengunjung membludak.

Sementara Eduard Sogen peserta pameran ekonomi kreatif dan UMKM sekaligus owner Rumah Hanasta dari Solor menyampaikan, kegiatan ini positif dan memiliki hasil baik selama pagelaran Mini Fest Titik Kumpul ini.

“Tentunya Mini Fest titik kumpul ini mempunyai dampak positif bagi masyarakat khususnya para pelaku UMKM dan merupakan ajang pencarian bakat seni music dan tari bagi anak muda yang ingin mengembangkan bakatnya,”paparnya.

Berkaitan dengan pendapatan Rumah Hanasta di Mini Fest untuk 3 hari ini cukup baik terlebih di hari terakhir lumayan banyak pelanggan yang mengunjungi Stand Rumah Hanasta.

Lanjut Edo, Mini Fest Titik Kumpul sendiri merupakan festival mandiri komunitas se- Flores Timur yang tergabung dalam gabungan Titik Kumpul Komunitas yang dilaksanakan pada 27 – 29 Juni 2024 lalu di Talud Laut, Kelurahan Larantuka, Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur.

Mini Festival titik kumpul diselenggarakan dengan beberapa tujuan yang antara lain sebagai pembuktian bahwa komunitas secara mandiri dapat mengadakan kegiatan positif yang berdampak luas,”ucap Edo.     

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES