Peristiwa Daerah

Jemaah Haji Tiba Besok di Morotai, Satu Dirawat di RS Wahidin Makassar

Kamis, 04 Juli 2024 - 21:57 | 19.34k
Kepala Kemenag Morotai, M Qubais Baba saat bersama jemaah haji Morotai di Ternate. Kamis (4/7/2024). (FOTO: Qubais For TIMES Indonesia).
Kepala Kemenag Morotai, M Qubais Baba saat bersama jemaah haji Morotai di Ternate. Kamis (4/7/2024). (FOTO: Qubais For TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, MOROTAI – Puluhan jemaah haji Indonesia asal Kabupaten Pulau Morotai telah tiba di Bandara Sultan Babullah Kota Ternate, pada Kamis (4/7/2024) siang.

Kedatangan jemaah haji disambut langsung oleh Kepala Kemenag Kabupaten Pulau Morotai M Qubais Baba dan malam ini telah diberangkatkan menuju Morotai menggunakan kapal laut. 

"Jemah haji asal Morotai telah tiba di Kota Ternate tadi siang menumpangi pesawat Lion Air. Malam ini rombongan jemah haji menuju Morotai menggunakan kapal KM Holly Merry dan Jumat pagi besok sudah tiba di Pelabuhan Imama Lastori, Kota Daruba, Morotai. Saya sementata di atas kapal mendampingi mereka," ungkap Kepala Kemenag Morotai M Qubais Baba, Kamis (4/7/2024) malam. 

bersama-jemaah-haji-Morotai-2.jpg

Ia menyebutkan, jumlah Jemaah Calon Haji (JCH) Indonesia asal Kabupaten Pulau Morotai saat berangkat sebanyak 48 orang. Satu jemaah atas nama Miraji Baba saat di Madinah hendak ke Mekah mengalami sakit dan sempat dirawat di RSAS Malik Fahd, Madinah. Namun nyawanya tidak dapat diselamatkan atau meninggal dunia.

"Untuk itu, jumlah jemaah haji asal Kabupaten Pulau Morotai yang kembali ke Indonesia melalui embarkasi Makassar tersisa 47 orang. Alhamdulillah semuanya dalam kondisi sehat saat tiba di Kota Makassar, Sulawesi Selatan," terangnya. 

Namun, lanjut M Qubais, saat hendak diberangkatkan ke Kota Ternate, ada satu jemaah atas nama Haji Ikram Paturo mengalami sakit, sehingga belum bisa bersama sama rombongan berangkat ke Ternate karena masih jalani perawatan di RS Wahidin Makassar. 

"Mohon doanya dari masyarakat Morotai agar Haji Ikram Paturo selalu diberikan kesehatan dan panjang umur agar dapat segera kembali berkumpul dengan keluarganya di Morotai. Infonya, Haji Ikram sakit darah tinggi jadi dokter belum mengizinkan pulang karena masih dirawat," ujarnya. 

Petugas medis dari Dinas Kesehatan Pemkab Pulau Morotai yang mendampingi para jemaah haji saat dari Makassar ke Ternate dan Morotai membenarkan saat dikonfirmasi TIMES Indonesia. 

Ia mengatakan, satu jamah haji atas nama Haji Ikram Paturo sementara dirawat di salah satu rumah sakit di Makassar karena memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. 

"Ia benar, salah satu jamah haji atas nama Haji Ikram Paturo sejak kemarin di rawat di salah satu rumah sakit di Makassar karena sakit. Sesuai hasil CT Scan dan keterangan dokter yang bersangkutan mengalami pendarahan di otak, penyebabnya tekanan darah tinggi," terang tenaga medis, Syahrir. 

"Tapi alhamdulillah sekarang sudah membaik, sebelumnya di UGD, sekarang sudah dipindahkan ke ruang HCU untuk perawatan lebih lanjut. Karena mengalami pendarahan di otak maka, yang bersangkutan kata dokter selama 21 hari harus menjalani perawatan di Rumah Sakit, sehingga dokter belum membolehkan kembali ke Ternate," pungkasnya.

Diketahui jumlah Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Pulau Morotai Tahun 2024, sebanyak 48 orang. Terdiri dari 24 orang laki-laki dan 24 orang perempuan. Selain itu, di Morotai antrean untuk berangkat haji sudah di atas 10 tahun sehingga pihak Kemenag Morotai intens mengkampanyekan dan mengajak masyarakat muslim agar pendaftaran haji dilakukan pada usia sekolah atau kuliah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES