Peristiwa Daerah

Sendangagung Batik Fashion 2024, Kades Sendangagung Ingin Dulang Kesuksesan Tahun 2022

Senin, 08 Juli 2024 - 13:54 | 14.28k
Acara Sendangagung Batik Carnival dan Festival Sego Muduk yang diselenggarakan Pemerintah Desa Sendangagung dibuka Bupati Lamongan Yuhronur Efendi. (Foto: Pemdes Sendangagung for TIMES Indonesia)
Acara Sendangagung Batik Carnival dan Festival Sego Muduk yang diselenggarakan Pemerintah Desa Sendangagung dibuka Bupati Lamongan Yuhronur Efendi. (Foto: Pemdes Sendangagung for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Desa Sendangagung, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan Jawa Timur kembali semarak dengan gelaran Sendangagung Batik Fashion (SBF) Tahun 2024 yang mengangkat tema Batik Tradisional Glamour. 

Acara yang akan berlangsung di Lapangan Watungkal Edupark Sendangagung, Kecamatan Paciran pada tanggal 18-20 Juli 2024 ini diharapkan bisa menarik minat pengunjung seperti pada tahun-tahun sebelumnya. 

Kepala Desa (Kades) Sendangagung, Panut Supodo menyampaikan SBF 2024 diselenggarakan bertujuan untuk mempromosikan kekayaan kerajinan dan kuliner Desa Sendangagung sekaligus mengubah stigma masyarakat terhadap batik. 

"Kami berharap muncul model busana yang beraneka ragam meskipun dari batik tapi mampu menarik minat lintas generasi dalam kehidupan sehari-hari," ucap Podo, Senin (8/7/2024).

Festival-Sego-Muduk-2.jpg

Podo menjelaskan, SBF 2024 juga akan dimeriahkan dengan Festival Sego Muduk dan Bazar UMKM Sendangagung meski dengan beberapa penyesuaian. 

Tak hanya itu saja, Podo mengemukakan, para pengunjung juga dapat menikmati 1.500 porsi nasi secara gratis dengan lauk pauk khas Pantura, urap latoh, dan oseng peda.

"Selain bisa menyaksikan keindahan batik Sendangagung, pengunjung juga bisa mencicipi kuliner khas Lamongan. Karena acara ini terbuka untuk umum. Jadi jangan dilewatkan," ujarnya. 

Untuk mengikuti SBF 2024, Podo menyampaikan, para peserta dapat mendaftar secara online melalui https://s.id/registrasisbf2024 mulai tanggal 1 hingga 17 Juli dengan berbagai kategori untuk pelajar dan umum. 

Festival-Sego-Muduk-3.jpg

Lebih lanjut, sambung Podo, SBF 2024 memperebutkan piala Bupati Lamongan, Camat Paciran, Kepala Desa Sendangagung, piagam Penghargaan dan uang tunai jutaan rupiah. 

"Untuk kategori pelajar, mulai dari jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK dengan hadiah menarik berupa piala, piagam, dan uang tunai jutaan rupiah," katanya. 

Acara tahunan kali ini berbeda konsepnya bila dibandingkan tahun sebelumnya. Podo menyampaikan, karena hasil evaluasi  pelaksanaan Sendangagung Batik Carnival 2023 terkesan monoton dan tidak jauh beda dengan karnaval agustusan. 

"Oleh karena itu konsep event diganti menjadi Sendangagung Batik Fashion (SBF) dengan tujuan untuk mengulang suksesnya Batik Fashion Night Sendangagung (BFNS) pada tahun 2022," ucap Podo, Kades Sendangagung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES