Peristiwa Daerah

Kualitas Air di Loktuan Membaik, PDAM Bontang Tetap Fokus Atasi Kekurangan Yang Ada

Kamis, 11 Juli 2024 - 15:57 | 14.62k
Wali Kota Bontang Basri Rase, bersama Direktur PDAM Bontang, Suramin saat sidak dan berdiskusi di WTP Loktuan (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)
Wali Kota Bontang Basri Rase, bersama Direktur PDAM Bontang, Suramin saat sidak dan berdiskusi di WTP Loktuan (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Kualitas Air PDAM dikelurahan Loktuan kini sudah lebih baik. Air yang sebelumnya keruh dan berwarna kuning akhir- akhir ini menjadi sorotan masyarakat hingga Wali Kota Bontang, kini sudah membaik.

Terakhir menyikapi keluhan masyarakat, langkah sigap dilakukan oleh Wali Kota Bontang Basri Rase pada April 2024 lalu dengan mendatangi WTP Loktuan dan seluruh WTP yang ada di Kota Bontang. Temuannya bahwa adanya jaringan pipa yang menua sehingga pipa yang telah berkarat dengan sedimen lumpur yang menumpuk di beberapa titik jaringan menjadi masalah.

Dari pantauan media ini, saat menemui masyarakat kelurahan Loktuan, sebagian besar masyarakat menyampaikan apresiasinya. Salah seorang warga di wilayah RT 18 Nurjanah misalnya, ia menyebutkan air yang digunakan untuk makan dan minum itu kini sudah tidak keruh lagi.

“Sudah bagus, dibanding 2 bulan lalu, sekarang tidak keruh lagi,” ujarnya.

Hal serupa dirasakan Nurdin warga RT 02 selambai Loktuan, kualitas air dan debit air sudah berjalan normal selama 24 jam. “Walaupun kami ada di kampung atas laut, airnya sudah bisa kami nikmati dengan kualitas bersih, tidak kaya sebelumnya berwarna kuning ada kumpulan kotoran seperti karat besi,” ungkapnya.

Kenyamanan masyarakat sebagai pelanggan PDAM Bontang itu juga dapat dirasakan oleh pihak PDAM. Dirut PDAM Tirta Taman Bontang Suramin, merasa lebih tenang, keluhan dan komplain masyarakat Loktuan terkait kualitas air sudah berkurang.Meski ia tidak menampik  masih ada keluhan pelanggan namun sifatnya kasuistis. 

“Alhamdulillah satu bulan yang lalu dalam forum pertemuan RT juga tidak ada keluhan dan kendala, Tapi kalau ada keluhan pelanggan pasti kami tindak lanjuti,” ucap Suramin Kamis,  (11/07/2024).

Lebih lanjut dijelaskan Suramin, salah satu evalusi kinerja pihaknya di tingkat kecamatan dalam 4 bulan terakhir yakni melakukan tindaklanjut penanganan folder yang sudah ditangani di WTP 02 (Loktuan). Termasuk arahan Wali Kota Bontang usai dilakukan sidak pada April beberapa waktu lalu.

“Kendala memang pada jaringan pipa kita yang sistem lope atau tertutup. Sepertii pipa yang di gang buntu atau paling ujung biasanya keluhan pelanggan ada saja. Insya Allah dengan penanganan tim kami cukup 15 menit semua bisa selesai,” ungkapnya.

Pria yang telah menjabat 2 periode ini berharap jika masih ada keluhan pelanggan PDAM Tirta Taman Bontang dapat memaksimalkan call center 0548- 23555.

“Berharap kepada pelanggan agar bisa menghubungi langsung ke call center atau medsos kami, silakan pasti kami sikapi,” tutup Suramin Direktur PDAM Tirta Amin Bontang.(*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES