Peristiwa Daerah

Angkutan Lebaran 2025, KAI Daop 2 Bandung Catat Layanan Prima dan Apresiasi Pelanggan

Jumat, 11 April 2025 - 21:15 | 32.52k
Seorang masinis saat diperiksa oleh tim medis sebelum melaksanakan tugas di stasiun Bandung beberapa pekan yang lalu. (Foto: Daop 2 Bandung)
Seorang masinis saat diperiksa oleh tim medis sebelum melaksanakan tugas di stasiun Bandung beberapa pekan yang lalu. (Foto: Daop 2 Bandung)
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Masa angkutan Lebaran 2025 yang berlangsung dari 21 Maret hingga 11 April mencatatkan kesuksesan besar bagi PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 atau Daop 2 Bandung

Selama periode tersebut, terjadi peningkatan signifikan jumlah pengguna jasa Kereta Api di wilayah operasional Daop 2 Bandung yang meliputi wilayah strategis seperti Bandung, Padalarang, dan Tasikmalaya.

Advertisement

Keberhasilan ini tak lepas dari berbagai upaya KAI Daop 2 Bandung dalam memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan setianya.

Dalam keterangannya, Manager Humas Daop 2 Bandung, Kuswardojo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi kereta api, khususnya selama momen Lebaran 2025.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan setia atas dukungannya selama masa Angkutan Lebaran 2025. Kepercayaan ini adalah amanah yang akan terus kami jaga dan tingkatkan,” ujarnya, Jumat (11/4/2025).

Sebagai bentuk perhatian terhadap kenyamanan dan keselamatan penumpang, KAI Daop 2 Bandung mengoperasikan posko kesehatan dan meningkatkan layanan lost and found (barang tertinggal) di berbagai stasiun utama.

Posko kesehatan yang ditempatkan di beberapa titik strategis seperti Stasiun Padalarang, Bandung, dan Tasikmalaya mendapat respon sangat positif dari penumpang. Tim medis disiagakan selama 24 jam untuk memastikan kondisi kesehatan penumpang tetap prima.

“Kami memahami bahwa arus mudik dan balik bisa melelahkan, karena itu kami hadirkan layanan kesehatan sebagai bentuk perhatian kami terhadap keselamatan dan kenyamanan pelanggan,” kata Kuswardojo.

Hingga Jumat, 11 April 2025, tercatat sebanyak 140 penumpang memanfaatkan fasilitas posko kesehatan ini. Adapun tiga keluhan tertinggi yang ditangani adalah sakit kepala, sakit perut, dan demam. Layanan kesehatan ini dinilai sangat membantu penumpang, terutama yang menempuh perjalanan jarak jauh.

Sebagai komitmen dalam menjaga keselamatan perjalanan kereta api, KAI Daop 2 Bandung juga melakukan pemeriksaan narkoba secara acak terhadap awak sarana dan petugas operasional lainnya.

Sebanyak 48 petugas telah menjalani tes narkoba selama periode Angkutan Lebaran 2025. Hasilnya, seluruh petugas dinyatakan negatif, menandakan bahwa aspek keselamatan dijalankan dengan sangat serius oleh KAI.

Satu lagi layanan unggulan yang mendapat sorotan selama masa angkutan Lebaran adalah layanan lost and found. Dengan sistem pelaporan yang tertib serta koordinasi cepat antar petugas stasiun dan pelanggan, KAI Daop 2 Bandung berhasil menemukan 244 barang tertinggal milik penumpang.

Rinciannya adalah 86 barang-barang berharga, seperti perhiasan, ponsel, dokumen penting, dan uang, 156 barang pribadi, termasuk pakaian, tas, sepatu, sandal, hingga helm dan dua barang berupa makanan dan minuman.

Total estimasi nilai barang yang ditemukan mencapai Rp119.749.889. Hingga 11 April 2025, sebanyak 50 barang telah berhasil diklaim kembali oleh pemiliknya.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan pelanggan yang telah melaporkan kehilangan barang secara tertib. Ini membuktikan sinergi antara pelanggan dan petugas kami berjalan baik demi pelayanan maksimal,” jelas Kuswardojo.

Bagi pelanggan yang merasa kehilangan barang, dapat menghubungi Contact Center KAI 121 atau mendatangi stasiun terdekat untuk proses identifikasi dan pengambilan.

Kesuksesan penyelenggaraan angkutan Lebaran 2025 menjadi bukti nyata bahwa KAI Daop 2 Bandung terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik, menjaga keselamatan, dan meningkatkan kenyamanan penumpang. 

Dengan semangat kebersamaan dan dukungan dari seluruh pelanggan, perjalanan selama momen Lebaran dapat berjalan lancar dan aman.

“Semangat kebersamaan, kepedulian, dan disiplin para pelanggan menjadi kunci suksesnya penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2025,” pungkas Kuswardojo.

KAI Daop 2 Bandung akan terus berinovasi dan menghadirkan pelayanan terbaik sebagai bentuk komitmen terhadap kepercayaan publik terhadap kereta api sebagai moda transportasi andalan nasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES