Peristiwa Internasional

Soundquriang 9 Padukan Hiburan, Promosi Budaya Indonesia dan Konser Amal

Rabu, 28 September 2022 - 12:47 | 41.22k
Penampilan bersama Rossa, Jaz dan SK Ensemble di Soundquriang 9 (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)
Penampilan bersama Rossa, Jaz dan SK Ensemble di Soundquriang 9 (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, AUSTRALIA – Setelah sukses dua kali diselenggarakan secara daring sejak pandemi melanda pada tahun 2020, Soundquriang kembali diselenggarakan secara luring di Wesley Conference Centre, Sydney Australia, Sabtu (24/9/2022). 

Kegiatan yang diselenggarakan Persatuan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) Macquarie University ini menjadi salah satu kegiatan tahunan terbesar yang diselenggarakan organisasi mahasiswa Indonesia di Sydney.

Mengawali acara, Konsul Jenderal RI Sydney, Vedi Kurnia Buana, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas inisiatif dan kerja keras PPIA Macquarie atas penyelenggaraan Soundquriang yang tahun ini menginjak tahun kesembilan. 

KJRI-Soundquriang-02.jpg

Sambutan Konsul Jenderal RI Sydney, Vedi Kurnia Buana (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

Konjen Vedi menekankan bahwa keragaman budaya yang ditampilkan melalui berbagai lagu nusantara merupakan ekspresi kerinduan terhadap tanah air, terutama bagi masyarakat dan diaspora Indonesia yang sedang jauh berada di luar negeri. 

"Keragaman budaya tersebut harus kita banggakan dan promosikan di lingkungan kita berada," pungkas Konjen Vedi.

KJRI-Soundquriang-03.jpg

Penampilan Rossa di Soundquriang 9 (Foto: Adeline v Subhyakto for TIMES Indonesia)

Sebagaimana ciri khas dari acara Soundquriang pada tahun-tahun sebelumnya, Penyelenggaraan Soundquriang 9 kembali memadukan unsur hiburan, promosi budaya Indonesia, dan konser amal. 

Dengan mengangkat tema 'Land of Wonders', Soundquriang 9 berhasil mendatangkan artis ibukota, antara lain Rossa dan Jaz Hayat. Acara juga dimeriahkan dengan penampilan SK Ensemble yang membawakan berbagai lagu nusantara.

KJRI-Soundquriang-04.jpg

Penampilan Jaz turut memanaskan Soundquriang 9 (Foto: Hangah Liong for TIMES Indonesia)

Sharon Erica selaku Presiden PPIA Macquarie dan Chrystal Singgih selaku Ketua Panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung penyelenggaraan Soundquriang 9. 

Ditekankan pula bahwa Soundquriang merupakan konser amal di mana 100 persen keuntungan dari penjualan tiket dan donasi penonton akan disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan di Indonesia. 

KJRI-Soundquriang-05.jpg

Sharon Erica (Presiden PPIA Macquarie) dan Chrystal Singgih (Ketua Panitia Soundquriang 9) (Foto: Louis C Dharmaputra for TIMES Indonesia)

Secara khusus, Sharon, mahasiswi program aktuaria tingkat 2, dan Erica, mahasiswi program kedokteran tingkat 3, ini mengharapkan para hadirin dapat memberikan donasinya untuk dapat disalurkan melalui Yayasan Cinta Anak Bangsa yang memiliki fokus pada pemberdayaan kaum ibu dan pendidikan anak. 

Sebagai informasi, penyelenggaraan Soundquriang 8 tahun 2021 berhasil mengumpulkan donasi sejumlah hampir Rp 140 juta yang disumbangkan untuk Yayasan Happy Hearts Indonesia.

KJRI-Soundquriang-06.jpg

Tampak penonton Soundquriang bersemangat menikmati penampilan artis Indonesia yang tampil (Foto: Adeline V Subhyakto for TIMES Indonesia)

Acara yang berlangsung selama sekitar empat jam ini berlangsung meriah dan dihadiri 800 sanak riang, istilah yang disematkan kepada penonton Soundquriang. Para penonton terlihat larut dalam lagu-lagu yang dibawakan Rossa maupun Jaz Hayat. 

Penonton Soundquriang, mengungkapkan rasa bahagianya karena artis top Indonesia dapat kembali datang dan menyanyi di Sydney Australia sebagaimana tahun-tahun sebelum pandemi. "Persiapan dan pengaturan acaranya oke, sehingga membuat kita enjoy," ungkap Annisa Puspasari yang hadir bersama teman-temannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES