Peristiwa Internasional G20 Indonesia

Didampingi Dua Wonder Women, Jokowi Resmi Buka KTT G20 Indonesia

Selasa, 15 November 2022 - 09:54 | 26.61k
Didampingi Dua Wonder Women, Jokowi Resmi Buka KTT G20 Indonesia
Presiden RI Joko Widodo didampingi dua perempuan hebat Sri Mulyani dan Retno Marsudi saat membuka KTT G20 Indonesia. (Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)
FOKUS

G20 Indonesia

TIMESINDONESIA, BALI – Presiden RI Joko Widodo resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Indonesia di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022).

Jokowi memukul palu sidang sebagai tanda dibuka forum internasional tersebut, yang dihadiri pimpinan negara G20, termasuk Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping. 

Dalam momen membuka forum terbatas ini, tampak Jokowi didampingi dua sosok perempuan hebat yang dimiliki Indonesia. Dia adalah Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani.

Jokowi dalam sambutan pembukaan tersebut menyampaikan bahwa Indonesia sebagai negara demokrasi menyadari pentingnya dialog.

"Demokrasi berjalan dari tataran tingkat desa, pemilihan kepala desa sampai Presiden. Sebagai negara demokrasi Indonesia sangat menyadari pentingnya dialog mempertemukan perbedaan dan semangat yang sama harus ditunjukkan G20," tegasnya.

Jokowi menegaskan kepada pimpinan negara G20 bahwa jika perang tidak dihentikan, akan sulit untuk dunia untuk bergerak maju. Jika perang tidak berakhir sulit bagi kita melaksanakan tanggungjawab ke depan.

"Yang Mulia, Indonesia berharap G20 terus menjadi katalis pemulihan ekonomi yang inklusif," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES