Peristiwa Internasional G20 Indonesia

Presiden IOC Serukan Olahraga Sebagai Persatuan Dunia 

Selasa, 15 November 2022 - 16:20 | 12.33k
Presiden IOC Thomas Bach menghadiri jamuan makan siang KTT G20 Indonesia di Bali, Selasa (15/11/2022). (Foto: Tangkapan Layar)
Presiden IOC Thomas Bach menghadiri jamuan makan siang KTT G20 Indonesia di Bali, Selasa (15/11/2022). (Foto: Tangkapan Layar)
FOKUS

G20 Indonesia

TIMESINDONESIA, BALIPresiden IOC (International Olympic Committee/Komite Olimpiade Internasional) Thomas Bach menyerukan persatuan dunia melalui olahraga. Hal itu disampaikannya saat perjamuan makan siang KTT G20 Indonesia di The Apurva Kempinski Bali, Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022).

Bach menyampaikan kompetensi antar atlet dari negara-negara yang berpikiran sama bukanlah simbol perdamaian yang  bertahap. Dia mengatakan saat ini beberapa pemerintah atas dasar politik mulai memutuskan atlet mana yang diizinkan dan tidak diizinkan untuk berpartisipasi dalam kompetisi olahraga internasional terutama untuk atlet yang akan  berlaga di Olimpiade Paris 2024.

"Di era perpecahan ini, peran kami jelas untuk menyatukan dunia dan bukan memperdalam perpecahan," kata Bach.

Bach menyampaikan apabila olahraga menjadi alat lain untuk mencapai tujuan politik, maka olahraga internasional akan berantakan. Keputusan tentang partisipasi atlet harus berdasarkan pada prestasi olahraga, buka politik.

"Kami memerlukan partisipasi semua atlet yang menerima aturan, bahkan dan terutama jika negara mereka sedang berkonfrontasi atau berperang," jelasnya.

Bach juga menyampaikan seluruh pihak memenuhi misi sebagai pemersatu, sehingga IOC harus netral secara politik dan memungkinkan tuan rumah Olimpiade di masa depan menyambut atlet terbaik dari seluruh dunia. 

Dia juga mengimbau para pemimpin dunia mendukung netralitas, terlepas dari konflik yang sedang terjadi.

"Saya dengan rendah hati meminta anda memberi kami kesempatan untuk berkontribusi pada perdamaian dan pemahaman melalui olahraga."Olimpiade adalah simbol perdamaian terpenting di dunia saat ini," kata Bach.

"Janganlah kita meninggalkan misi pemersatu Olimpiade dan Paralimpiade yang berharga ini di saat dunia membutuhkan lebih banyak solidaritas dan perdamaian," pesan Bach untuk para pemimpin G20 yang hadir.

Seperti yang diketahui, Presiden IOC Thomas Bach dan Presiden FIFA  Gianni Infantino diberikan kesempatan oleh Presiden RI Joko Widodo untuk memberikan sambutan dalam jamuan makan siang KTT G20 Indonesia.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES