Peristiwa Internasional

Sambut Pemilu 2024, Konjen RI Sydney Lantik dan Ambil Sumpah Anggota PPLN

Jumat, 03 Februari 2023 - 09:37 | 93.23k
Anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) wilayah kerja Perwakilan RI di Sydney, New South Wales, Australia untuk Pemilihan Umum tahun 2024 (Pemilu 2024) resmi dilantik.  (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)
Anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) wilayah kerja Perwakilan RI di Sydney, New South Wales, Australia untuk Pemilihan Umum tahun 2024 (Pemilu 2024) resmi dilantik. (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, AUSTRALIA – Konsul Jenderal RI di Sydney, Vedi Kurnia Buana melantik anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) wilayah kerja Perwakilan RI di Sydney, New South Wales, Australia untuk Pemilihan Umum tahun 2024 (Pemilu 2024). 

Pelantikan bertempat di ruang Aula, KJRI Sydney pada Kamis, 2 Februari 2023. Pelantikan dan pengambilan sumpah ini juga dihadiri oleh staf KJRI Sydney, wakil organisasi komunitas dan diaspora Indonesia di Sydney.

Dalam acara ini, Konjen RI juga mengambil sumpah dan menyaksikan penandatanganan pakta integritas oleh 7 anggota PPLN sesuai Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 54 tahun 2023 tentang Penetapan dan Pengangkatan Panitia Pemilihan Luar Negeri untuk Pemilihan Umum Tahun 2024.

Para anggota PPLN Wilayah kerja Perwakilan RI Sydney 2024 yang dilantik adalah Adi Nugroho, Dmitri P. Sinambela, Faruq Ibnul Haqi, Juliati Maria Umboh, Nathalia Intan Restiva, Roko Patria Jati dan Soelijanti Soenarjo. 

KJRI-Sydney-Lantik-PPLN-Pemilu-2024-02.jpg

Pembacaan sumpah anggota PPLN Australia (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

Nantinya dalam pelaksanaan tugas, PPLN Sydney akan dibantu oleh tim sekretariat. Pelantikan dan Pengambilan sumpah ini menandai dimulainya masa tugas para anggota PPLN.

Pada kesempatan seusai pelantikan, Konjen RI menyampaikan harapannya agar para anggota PPLN yang dilantik dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, jujur, adil, dan cermat demi kesuksesan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Lebih lanjut Konjen Vedi mengatakan bahwa adalah keinginan dan komitmen kita bersama pemilu 2024 dapat berlangsung dengan lancar dan tertib. 

KJRI-Sydney-Lantik-PPLN-Pemilu-2024-03.jpg

Penandatanganan pakta integritas oleh 7 anggota PPLN (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

"Pemilu ini sudah semestinya kita sambut dengan penuh kegembiraan sebagai sebuah pesta besar demokrasi Indonesia. Tentunya hal nanti tidak terlepas dari peran PPLN," ujarnya.

Konjen Vedi mengaku yakin yakin anggota PPLN yang baru dilantik hari ini akan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan penuh tanggung jawab, jujur, adil dan cermat. 

"Berlangsungnya pemilu dengan baik dan terwujudnya kondisi yang kondusif penyelenggaraan pemilu di Wilayah Kerja KJRI Sydney pastinya tidak akan terlepas dari peran penting yang dijalankan oleh PPLN. Kita tentu patut menyambut gembira pesta demokrasi lima tahunan ini," lanjutnya.

KJRI-Sydney-Lantik-PPLN-Pemilu-2024-04.jpg

Konsul Jenderal RI di Sydney, Vedi Kurnia Buana membacakan sambutannya (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

Sebelumnya, Pembukaan pendaftaran calon anggota PPLN dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2023 dengan jumlah pendaftar sebanyak 30 orang, dilanjutkan dengan seleksi dan penelitian berkas pendaftar serta wawancara pada 25 Januari 2023.

PPLN sendiri adalah panitia pemilihan umum yang bersifat adhoc (sementara) dan dibentuk oleh KPU guna membantu dalam penyelenggaraan pemilihan umum di luar negeri, termasuk Pemilu 2024 mendatang di wilayah New South Wales, Queenland dan South Australia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES