Peristiwa Internasional

PPI Istanbul Adakan Doa Bersama untuk Korban Gempa Turki

Senin, 20 Februari 2023 - 11:36 | 77.15k
Ustad Abdul Somad saat menjadi penceramah dalam Tabligh Akbar bersama PPI Istanbul. (Foto: PPI Istanbul)
Ustad Abdul Somad saat menjadi penceramah dalam Tabligh Akbar bersama PPI Istanbul. (Foto: PPI Istanbul)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Duka sedang melanda negara dua benua Turki, gempa dengan skala 7,6 magnitudo menghantam bagian selatan di ujung wilayah Turki. PPI Istanbul juga merasakan  duka mendalam atas kejadian tersebut. Setidaknya 9 kota di Turki luluh lantah terkena dampak dari gempa.

Otoritas pemerintah Turki menaikan siaga gempa menjadi bencana nasional, hal ini menjadi pukulan musibah terbesar masyarakat Turki di awal tahun. Mereka bahkan meminta bantuan internasional untuk mengatasi kejadian tak terduga tersbeut. 

Bantuan dari negara tetangga hingga negara sesama muslim terus berdatangan, termasuk Indonesia yang terus mensupport Turki dengan mengirimkan bantuan material dan relawan kemanusiaan. Doa-doa terus dipanjatkan, berharap Turki lekas pulih.

PPI Istanbul yang merupakan salah satu anak cabang dari 18 anak cabang PPI Turki bersama 9 organisasi Indonesia lainnya juga mengulurkan tangan membantu penanganan gempa tersebut.

Mereka juga mengadakan tabligh akbar untuk mendoakan para korban dan berharap kondisi negara cepat pulih. Acara tabligh akbar dan penggalangan dana berlangsung pada Sabtu (18/2/2023). 

Ke sembilan organisasi lainnya yakni Serumpun Masyarakat Riau , Majelis Ta’lim Annisa Istanbul, Nusantara Furusiyyesi (NUFUS), dan Ikatan Keluarga Markaz Arabiyah Turki . 

UAS-PPI-Istanbul-2.jpg

Ikatan Keluarga Pondok Modern Gontor, Madrasah Fatih, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia  Rumeli Education Center, serta Indonesia Al-Qur’an Center  ikut serta dalam program tersebut.

PPI Istanbul dan 9 Diaspora Undang Ustad Abdul Somad

Tabligh Akbar bersama PPI istanbul dan 9 organisasi lainnya ini mengundang dai kondang asal negeri khatulistiwa Ustad Prof. H. Abdul Somad, Lc,. D.E.S.A, Ph.D. Dalam acara tersebut juga dilaksanakan penggalangan dana dan doa bersama korban gempa di Turki. 

Acara yang berlangsung di İnsan ve Medeniyet Hareketi, İstanbul tersebut diikuti oleh masyarakat Indonesia yang berada diseluruh penjuru kota negara langganan gempa tersebut. Bahkan ada beberapa peserta hadir dari negara sahabat seperti Thailand dan Malaysia.

Mereka hadir dengan tujuan sama, yakni mendengarkan kajian yang sudah lama dirindukan dan satu rasa kemanusiaan untuk mendoakan saudara-saudara mereka yang terdampak musibah gempa. 

Penggalangan donasi juga dilakukan dalam acara tabligh akbar ini. Para peserta yang datang sangat antusias untuk mendonasikan dan memberikan sebagian rezeki mereka.  Dalam acara tersebut bahkan terkumpul dana mencapai 41 juta.

Panitia acara Muhammad Khadavie menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak terkait dalam menyukseskan acaratersebut. Dirinya berharap agar acara semacam ini mampu memperkuat hubungan persaudaraan antar sesama makhluk Tuhan di muka bum. 

"Syukur yang tak terhingga kita panjatkan kehadirat Allah dan ungkapan terimakasih sebesar-besarnya atas suksesnya acara Tablgih Akbar Penggalangan Dana dan Doa bersama untuk saudara-saudara kita yang terdampak gempa," ungkap Khadavie.

Acar a yang digawangi PPI Istanbul dan 9 diaspora lain ini berlangsung khidmad dan tertib. Seluruh pserta antusisa mendengarkan ceramah, melantunkan doa serta menyumbangkan beberapa milik mereka untuk membantu korban gempa Turki. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES