Peristiwa Internasional Info Haji 2023

Persiapan Puncak Haji Mencapai 90 Persen

Senin, 19 Juni 2023 - 22:06 | 82.35k
PPIH Arab Saudi menyatakan persiapan puncak ibadah haji, Arafah, Muzdalifah, dan Mina sudah mencapai 90 persen. (FOTO: MCH 2023)
PPIH Arab Saudi menyatakan persiapan puncak ibadah haji, Arafah, Muzdalifah, dan Mina sudah mencapai 90 persen. (FOTO: MCH 2023)
FOKUS

Info Haji 2023

TIMESINDONESIA, MAKKAH – PPIH Arab Saudi  menyatakan bahwa persiapan puncak ibadah haji yang meliputi daerah Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina) sudah mencapai 90 persen. Hal ini diungkapkan oleh Ketua PPIH Arab Saudi, Subhan Cholid, pada Senin (19/6/2023) di Makkah.

"Kami telah memeriksa persiapan-persiapan di Masyair Arafah, Muzdalifah, dan Mina, sekitar 90 persen telah selesai, tinggal tahap finishing," ujar Subhan Cholid.

Advertisement

Dia menjelaskan bahwa pemerintah Arab Saudi telah menetapkan Senin (19/6/2023), sebagai tanggal 1 Dzulhijjah. Artinya, tinggal 8 hari lagi menuju perjalanan ke Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah (27 Juni). "Kami berharap bahwa pada H-3 semuanya akan siap dan dapat digunakan dengan lancar, Insya Allah," tambahnya.

Subhan Chalid mengatakan bahwa PPIH sedang melakukan sosialisasi kepada jemaah terkait skema dan rute perjalanan puncak haji, terutama untuk jemaah haji Indonesia yang berusia lanjut (lansia).

"Kami sedang mengusulkan beberapa skema perjalanan bagi jemaah Indonesia kepada pemerintah Arab Saudi agar rute yang telah ditetapkan dapat memberikan pengecualian bagi jemaah lansia," ungkapnya.

PPIH berupaya memberikan gambaran skema perjalanan puncak haji yang dapat meringankan beban para jemaah lansia. "Kami sedang melakukan sosialisasi mengenai tema apa yang dapat kami ambil untuk meringankan energi para jemaah lansia," jelas Subhan.

Dia juga berharap agar suhu pada perjalanan puncak haji dapat menurun, meskipun sebelumnya mencapai suhu 51 derajat celsius. "Kami berdoa agar suhu dapat menurun. Namun melihat kondisi saat ini, bahkan kemarin suhu mencapai 51 derajat celsius, kita perlu waspada terutama terhadap jemaah lansia," paparnya.

Adapun jadwal pergerakan petugas dan jemaah haji selama periode puncak haji adalah sebagai berikut:

• Tanggal 6-7 Dzulhijjah (24-25 Juni) - pergerakan petugas haji menuju Arafah.

• Tanggal 8 Dzulhijjah (26 Juni) - pergerakan jemaah haji dari hotel di Makkah menuju Arafah, berlangsung dari pukul 07.00 hingga 22.00 waktu Arab Saudi (WAS).

• 9 Dzulhijjah (27 Juni) - sekitar pukul 18.30 WAS jemaah haji mulai diberangkatkan dari Arafah ke Muzdalifah untuk mengumpulkan batu lempar jumrah. Proses ini diperkirakan berlangsung sampai tengah malam.

• 10-13 Dzulhijjah (28 juni-1 Juli) jemaah haji melakukan mabit dan lempar jumrah di Mina. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Konten promosi pada widget ini bukan konten yang diproduksi oleh redaksi TIMES Indonesia. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES