Peristiwa Internasional

Rumah Sakit Indonesia Dibom Israel, Delapan Orang Meninggal Dunia

Senin, 20 November 2023 - 13:13 | 42.41k
Petugas medis Palestina membopong seorang pemuda yang terluka ke Rumah Sakit Martir al-Aqsa di Deir Balah di Jalur Gaza, Minggu (19/11/2023) setelah serangan Israel. (FOTO: Al Jazeera/AFP).
Petugas medis Palestina membopong seorang pemuda yang terluka ke Rumah Sakit Martir al-Aqsa di Deir Balah di Jalur Gaza, Minggu (19/11/2023) setelah serangan Israel. (FOTO: Al Jazeera/AFP).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setidaknya delapan orang meninggal dunia setelah Rumah Sakit Indonesia di Gaza utara diserang jet tempur kemudian dijatuhi bom dan diserang dengan rudal.

Rumah sakit Indonesia dibom dan diserang dengan peluru dan rudal, Wafa melaporkan, sementara tentara menembaki "siapa pun yang bergerak di luar pintu rumah sakit".

Staf di rumah sakit Indonesia di Gaza utara meminta bantuan segera setelah serangan Israel yang menyebabkan delapan orang di dalam rumah sakit meninggal dunia, dan sekarang rumah sakit Indonesia dikepung tentara Israel.

Pemboman tersebut dikatakan mengenai bagian bedah wanita dan melukai dokter yang melakukan operasi.

"Setidaknya 5.000 warga sipil berlindung di dalam rumah sakit," kata direktur rumah sakit Indonesia, Dr Marwan Al Sultan.

Pesawat-pesawat tempur Israel itu, seperti dilansir Al Jazeera juga telah melancarkan serangkaian serangan intensif di barat laut Khan Younis di Jalur Gaza selatan,  menyebabkan beberapa orang meninggal dunia dan melukai sejumlah warga sipil.

Kota Perumahan Hamad, barat laut Khan Yunis, juga diserang dengan rudal oleh jet-jet tempur Israel dan menyebabkan puluhan warga sipil meninggal dunia dimana kebanyakan dari mereka adalah anak-anak dan wanita, serta melukai lainnya.

Pesawat tempur Israel juga melakukan menyerbu di kota Bani Suheila, sebelah timur Khan Yunis.

Di Kota Gaza, sejumlah warga sipil meninggal dunia, dan lainnya terluka akibat tembakan artileri Israel yang menargetkan wilayah Asqula di lingkungan Zeitoun, selatan Kota Gaza.

Lingkungan Al-Sabra di Kota Gaza menjadi sasaran serangan intensif Israel. 

Saat ini puluhan warga sipil masih berada di bawah reruntuhan akibat kondisi cuaca hujan, dan sulitnya menjangkau kru pertahanan sipil dan ambulans.

Setidaknya dua dokter di rumah sakit Indonesia juga terluka akibat serangan berulang kali.

Tim medis mengatakan, bahwa rumah sakit Indonesia telah menjadi sasaran dalam semalam tanpa peringatan sebelumnya.

Sebelumnya, salah satu koresponden Al Jazeera di Gaza juga mengatakan, diduga pasukan Israel akan mengulangi apa yang terjadi di RS al-Shifa dan juga akan menduduki RS Indonesia.

Listrik di rumah sakit Indonesia padam setelah generatornya terkena serangan, sehingga memaksa petugas medis untuk mengoperasi pasien sambil menggunakan lampu dari ponsel, bahkan saat pemboman terus berlangsung

Wafa juga melaporkan tembakan artileri Israel merusak lantai dua rumah sakit tersebut.

Selain sekitar 150 pasien luka yang dirawat di rumah sakit dan sekitar 100 pekerja medis, ribuan warga Palestina juga berlindung di rumah sakit setelah terpaksa mengungsi akibat pemboman Israel. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES