Peristiwa Internasional

New York AS Diguncang Gempa Bumi Pagi Hingga Malam Hari

Sabtu, 06 April 2024 - 12:11 | 67.92k
Warga dan polisi berkumpul di luar Newark, New Jersey, rumah-rumah yang rusak secara struktural dan harus dievakuasi setelah gempa bumi pada hari Jumat. (FOTO: CNN/Getty Image)
Warga dan polisi berkumpul di luar Newark, New Jersey, rumah-rumah yang rusak secara struktural dan harus dievakuasi setelah gempa bumi pada hari Jumat. (FOTO: CNN/Getty Image)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gempa langka berkekuatan 4,8 SR mengguncang Timur Laut New York City, Amerika Serikat, Jumat, menurut data Survei Geologi AS, dan laporan gempa tersebut dirasakan hingga Philadelphia.

Data Survei Geologi AS menyebutkan, gempa bumi ini sempat mengguncang gedung-gedung di seluruh wilayah Timur Laut.

Gempa bumi ini berdampak pada perjalanan udara. "Penerbangan ke bandara di New York City, Philadelphia, Baltimore dan Newark dihentikan," kata para pejabat.

Gubernur New York, Kathy Hochul dan Walikota New York, Eric Adams mengatakan dalam konferensi pers terpisah, bahwa tidak ada laporan kerusakan besar atau korban cedera setelah gempa tersebut.

Tetapi mereka menambahkan, tim akan terus memantau. "Warga New York harus menjalani hari normal mereka," kata walikota.

Pertemuan Dewan Keamanan PBB sempat terhenti karena gempa bumi berkekuatan 4,8 yang jarang terjadi melanda wilayah New York pada Jumat itu.

Para diplomat PBB saat itu berada di ruang Dewan Keamanan untuk pertemuan membahas situasi di Gaza.

Dilansir CNN, ketika gempa bumi terjadi, warga yang terkejut menggambarkan awalnya mengira ada traktor-trailer atau kereta barang yang lewat sebelum mereka menyadari bahwa ada sesuatu yang lebih dari itu.

Gempa Susulan

Dilansir CBS News, gempa bumi susulan terjadi di New York dan sekitarnya terjadi Jumat malam.

Gempa bumi yang mengguncang New York City dan sekitarnya ini merupakan salah satu gempa Pantai Timur terbesar dalam satu abad terakhir.

Gempa susulan berkekuatan 4,0 melanda 37 mil barat Kota New York dekat Gladstone, New Jersey sekitar jam 6 sore hari Jumat. Guncangannya mencapai kedalaman 9,7 kilometer dan terasa hingga Long Island, dimana ada laporan rumah-rumah berguncang. 

Gubernur New York, Kathy Hochul mengatakan tidak ada laporan mengenai kerusakan signifikan setelah gempa susulan berkekuatan 4,0 pada Jumat malam, yang terjadi setelah gempa berkekuatan 4,8 pada Jumat pagi, salah satu gempa terbesar yang melanda wilayah tersebut dalam satu abad terakhir

Menurut Survei Geologi AS, gempa susulan terjadi sekitar pukul 10:23, mengejutkan semua orang. Gempa tersebut melanda 4,7 kilometer di bawah permukaan dan  berpusat di Readington Township, New Jersey , sekitar 40 mil sebelah barat New York City.

Dinding bergetar dan rak-rak berguncang di seluruh area. Video menangkap  berbagai pemandangan saat gempa terjadi . 

Dampaknya terasa di seluruh Tri-State Area, serta di  Philadelphia hingga  Baltimore. USGS mengatakan dampaknya terasa dari Maine hingga Washington, DC

Ada beberapa gempa susulan setelah gempa terjadi. Termasuk Jumat malam 4.0, ada beberapa di hari sebelumnya.

Satu jam setelah dampak awal, gempa susulan berkekuatan 2,0 terjadi di sebelah barat Bedminster, NJ.

Sekitar pukul 12:30, terjadi gempa susulan lagi berkekuatan 1,8, kemudian disusul gempa berkekuatan 2,0 pada pukul 13:14, dan gempa susulan lagi berkekuatan 2,0 sesaat sebelum pukul 15.00. 

"Gempa susulan sebesar ini adalah hal yang normal dan diperkirakan tidak akan menimbulkan kerusakan lebih lanjut," tulis Hochul di X. 

Selalu ada kemungkinan terjadinya gempa susulan. "Kami belum merasakan gempa sebesar ini sejak sekitar tahun 2011," kata Hochul. "Ini adalah salah satu gempa bumi terbesar di Pantai Timur yang terjadi dalam satu abad terakhir," tambahnya.

Hochul mengatakan, dia telah mulai melakukan penilaian kerusakan di seluruh negara bagian, dan telah berbicara dengan Gubernur New Jersey, Phil Murphy, karena pusat gempa terletak di Garden State. 

"Ini adalah hari yang meresahkan," kata Hochul lagi.

Murphy, yang sedang menghadiri konferensi di luar negara bagian ketika gempa terjadi, memuji tanggapan masyarakat setempat . 

"Reaksinya cepat dan sangat mengesankan dari pihak Otoritas Pelabuhan, Kepolisian Negara Bagian kami yang membuka pusat operasi darurat, serta pejabat lokal dan daerah," katanya.

Murphy mengatakan,  infrastruktur yang menjadi perhatian utama adalah terowongan Sungai Hudson, meski sejauh ini tidak ada laporan kerusakan besar. 

"Terowongan kereta api itu dibangun dan selesai pada tahun 1911, itulah sebabnya kami membangun dua terowongan baru," ujar Murphy. 

Pejabat Kota New York mengatakan belum ada laporan mengenai dampak besar di seluruh kota. 

Wali Kota New York, Eric Adams mengatakan meskipun selalu ada kekhawatiran mengenai gempa susulan, Warga New York harus beraktivitas seperti biasa. "Tim pertolongan pertama berupaya memastikan kota itu aman," katanya.

Jika terjadi gempa bumi susulan, Wali Kota New York, Eric Adams mengatakan, masyarakat harus turun ke lantai, menutupi kepala dan leher, dan berlindung di bawah perabot kokoh di samping dinding interior, atau di muka  pintu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES