Peristiwa Internasional

Kunjungan Pariwisata Medis Halal di Rusia Meningkat, Pasien dari Negara Islam

Rabu, 24 April 2024 - 07:53 | 20.80k
KazanForum di Rusia membahas industri pariwisata medis bersama Menkes Rusia. (Foto: KazanForum for TIMES Indonesia)
KazanForum di Rusia membahas industri pariwisata medis bersama Menkes Rusia. (Foto: KazanForum for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, RUSIA – Di tengah berkembangnya industri pariwisata global, Rusia kini menonjol sebagai destinasi favorit untuk pariwisata medis halal, khususnya bagi penduduk dari negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Sejak tahun 2017, jumlah pasien internasional yang memilih Rusia untuk perawatan medis meningkat secara signifikan. Yakni dari 300 ribu menjadi lebih dari 1,2 juta pada tahun 2022.

Hal itu terungkap dalam forum internasional "Rusia - Dunia Islam: KazanForum" pada tahun 2023. Negara-negara seperti Azerbaijan, Kazakhstan, Uzbekistan, Tajikistan, dan Kyrgyzstan, menjadi pengirim pasien terbesar.

Pasien ini tertarik dengan berbagai layanan medis di Rusia. Mulai dari check-up umum, transplantasi, kedokteran gigi, onkologi, oftalmologi, hingga spesialisasi lebih lanjut seperti bedah saraf dan kardiovaskular.

Mikhail Murashko, Menteri Kesehatan Rusia, mengungkapkan bahwa layanan oftalmologi adalah salah satu yang paling diminati oleh pasien dari negara-negara Arab. Peningkatan ini juga didorong oleh proyek federal "Pengembangan Ekspor Layanan Medis" yang diluncurkan sejak tahun 2019, serta inisiatif pariwisata medis halal yang memberikan paket layanan tambahan bagi wisatawan Muslim.

Pariwisata medis halal di Rusia tidak hanya terbatas pada perawatan medis saja, tetapi juga melibatkan aspek keberlanjutan dan kenyamanan, termasuk sanatorium yang memiliki sertifikasi "Halal".

Di Republik Tatarstan, misalnya, program regional "Pariwisata Halal" menawarkan sertifikasi sukarela untuk sanatorium yang menerima tamu dari negara-negara Islam. Lebih jauh, pusat "Roskachestvo. Halal" pada tingkat federal telah diakreditasi untuk menilai dan mensertifikasi sanatorium di seluruh negeri, dengan sertifikat yang diakui di wilayah Teluk Persia dan beberapa negara OKI.

Pasien yang berobat ke Rusia menikmati berbagai keuntungan, termasuk pelayanan medis canggih, standar kualitas tinggi, dokter dan tenaga medis yang berpengalaman dan profesional, serta biaya layanan yang terjangkau. Keuntungan ini diperkaya dengan personalisasi pengobatan dan opsi rehabilitasi yang memadai, sementara kedekatan geografis dengan beberapa negara OKI mempermudah logistik perjalanan.

Tahun 2024 dijadwalkan akan membawa lebih banyak diskusi dan inovasi dalam forum internasional "Rusia – Dunia Islam: KazanForum" yang akan diselenggarakan di Kazan, Tatarstan. Forum ini akan mengundang ahli internasional untuk membahas masa depan pariwisata medis di Rusia dan negara-negara OKI, membuka peluang baru bagi pasien dan memperluas layanan medis halal. (*)
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES