Peristiwa Internasional

Banyak Jasad Membusuk Ditemukan di Bawah Reruntuhan Gedung di Jalur Gaza

Rabu, 01 Mei 2024 - 09:33 | 15.33k
Arsip - Para pekerja mempersiapkan pembungkus mayat yang usai ditemukan sejumlah jenazah di Rumah Sakit Nasser di kota Khan Younis di Jalur Gaza selatan, Palestina (23/4/2024). (FOTO: ANTARA/Xinhua/Rizek Abdeljawad).
Arsip - Para pekerja mempersiapkan pembungkus mayat yang usai ditemukan sejumlah jenazah di Rumah Sakit Nasser di kota Khan Younis di Jalur Gaza selatan, Palestina (23/4/2024). (FOTO: ANTARA/Xinhua/Rizek Abdeljawad).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – 10.000 orang hilang di bawah puing-puing bangunan di Jalur Gaza sejak Israel menyerang habis-habisan wilayah kantong Palestina itu pada 7 Oktober 2023.

Data tersebut dikeluarkan oleh Dinas Pertahanan Sipil Palestina dan masih mungkin bertambah karena orang-orang yang hilang itu tidak termasuk dalam daftar korban tewas Kementerian Kesehatan sehingga “jumlah martir melebihi 44.000” orang.

"Tim penyelamat mulai menemukan jasad-jasad yang sudah membusuk dari bawah reruntuhan gedung-gedung di Jalur Gaza," kata pernyataan Dinas Pertahanan Sipil Palestina seperti dikutip dari Kantor Berita ANTARA, Selasa (1/5/2024).

Israel telah melancarkan serangan brutal ke Gaza sebagai balasan terhadap serangan kelompok Palestina Hamas ke Israel pada 7 Oktober tahun lalu. Menurut Tel Aviv, serangan Hamas itu menewaskan hampir 1.200 orang.

Serangan-serangan Israel telah menewaskan lebih dari 34.500 warga Palestina, sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak, dan lebih dari 77.700 lainnya terluka akibat kehancuran massal dan kurangnya pasokan kebutuhan pokok.

Lebih dari enam bulan setelah perang Israel itu dimulai, sebagian besar wilayah Gaza hancur dan 85 persen penduduknya terpaksa mengungsi di tengah blokade Israel terhadap kiriman bahan makanan, serta kelangkaan air bersih dan obat-obatan, menurut PBB.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional, yang lewat putusan sela pada Januari memerintahkan Israel untuk menghentikan aksinya dan mengambil tindakan yang menjamin kelancaran bantuan kemanusiaan kepada warga sipil di Gaza. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES