Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Wapres RI Ingatkan Jemaah Haji Indonesia Tentang Cuaca Ekstrem Arab Saudi

Kamis, 30 Mei 2024 - 04:12 | 8.34k
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin melepas keberangkatan kelompok terbang pertama (Kloter BTJ-01) jemaah haji Indonesia. (Foto: Kemenag RI)
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin melepas keberangkatan kelompok terbang pertama (Kloter BTJ-01) jemaah haji Indonesia. (Foto: Kemenag RI)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin melepas keberangkatan kelompok terbang pertama (Kloter BTJ-01) jemaah haji Indonesia dari Embarkasi Aceh di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar.

Acara yang berlangsung pada Rabu (29/5/2024) ini dihadiri oleh berbagai pejabat tinggi, termasuk Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah dan Ibu Wury Ma'ruf Amin.

Sebanyak 393 jemaah haji dari Aceh Besar dan Sabang, yang telah menunggu keberangkatan selama 34 tahun, berkumpul di bandara sejak pukul 16.00 WIB. Dengan penuh semangat, mereka mengenakan pakaian ihram, bersiap menjalani ibadah di Tanah Suci.

Dalam sambutannya di dalam pesawat, KH Ma'ruf Amin menyoroti tantangan cuaca ekstrem di Arab Saudi yang dapat mencapai suhu 43 derajat Celsius.

"Saya meminta jemaah untuk selalu menjaga kesehatan, membawa air minum, dan tidak terlalu memaksakan diri dalam beribadah supaya ibadah haji yang wajib tidak tertinggal," kata KH Ma'ruf.

Wapres juga mengingatkan bahwa sebagian besar jemaah yang berangkat adalah lansia, termasuk beberapa yang berusia 82 tahun. Hal ini menambah pentingnya perawatan kesehatan selama ibadah haji.

"Pemerintah telah menyiapkan petugas untuk membimbing jemaah, memastikan mereka tetap sehat dan mampu menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah," tambahnya.

Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah menyampaikan doa dan harapan terbaik bagi para jemaah.

"Semoga perjalanan bapak/ibu semua diberkahi dan diberikan kelancaran serta kemudahan," ucapnya.

Selain itu, Irjen Kemenag RI Faisal Ali Hasyim, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang, dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Aceh Azhari turut hadir dalam acara pelepasan ini. Mereka berkomitmen untuk mendukung para jemaah dalam menjalani ibadah haji dengan lancar.

Ketua PPIH Embarkasi Aceh Azhari menjelaskan bahwa total kuota haji Aceh tahun ini mencapai 4.710 orang, termasuk para petugas dari Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), dan Pemandu Haji Daerah (PHD).

"Total ada 60 petugas kloter dan 36 petugas haji daerah atau PHD," ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa Embarkasi Aceh tahun ini berhasil memberangkatkan 12 kloter penuh, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana kloter terakhir sering digabungkan dengan jemaah haji dari embarkasi lain. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES