Peristiwa Internasional

DigiNation Fest 2024 PPI Dunia: Membangun Keterampilan di Era Digitalisasi 5.0

Kamis, 30 Mei 2024 - 22:49 | 13.79k
Webinar Road to DigiNation Fest 2024. (Foto: PPI Dunia)
Webinar Road to DigiNation Fest 2024. (Foto: PPI Dunia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Direktorat Komunikasi dan Informasi PPI Dunia (Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia) menyelenggarakan webinar bertajuk "Road to DigiNation Fest 2024" (25/5/2024). Acara ini bertujuan mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk menghadapi era Digitalisasi 5.0 dengan tema "Membangun Keterampilan di era Digitalisasi 5.0 untuk masa depan yang lebih baik". 

Webinar ini menampilkan tiga ahli terkemuka di bidangnya masing-masing, yakni UI/UX, Bisnis Digital, dan Keamanan Siber.

Borrys Hasian** - Seorang Product Designer dan Creative Conceptor narasumber pertama membawakan materi tentang "Desain berpusat pada pengguna (User-Centered Design) dalam Inovasi Produk". Dalam presentasinya, Borrys menjelaskan pentingnya memahami kebutuhan pengguna dalam menciptakan produk yang inovatif dan fungsional.

"Pendekatan yang berfokus pada pengguna ini membantu menciptakan solusi yang tidak hanya efektif tetapi juga user-friendly," terangnya. 

Rafly Arief Kanza CEO dan Founder dari Punggawa Studio dan GiatSehat (LovloTech Healthcare) sebagai pembicara kedua mengangkat topik "Impact of Digital Transformation on Business Models". Rafly menguraikan bagaimana transformasi digital telah mengubah model bisnis tradisional dan memberikan peluang baru bagi inovasi dan pertumbuhan. Ia menekankan pentingnya adaptasi dan fleksibilitas dalam menghadapi perubahan cepat di lanskap bisnis digital.

Muhammad Bisri Musthafa, Kandidat Doktor di Universitas Okayama yang juga menjadi pembicara dalam acara tersebut memberikan wawasan tentang "Keamanan data dan privacy dalam IoT". Bisri membahas tantangan dan strategi untuk melindungi data dan privasi di era Internet of Things (IoT).

"Perangkat yang saling terhubung semakin banyak digunakan. Pengetahuan tentang keamanan siber ini sangat penting untuk menjaga integritas dan kepercayaan dalam penggunaan teknologi digital," ungkapnya. 

Webinar ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan pengetahuan teoritis tetapi juga keterampilan praktis yang dapat digunakan dalam dunia kerja yang semakin digital. Dengan fokus pada desain UI/UX, transformasi bisnis digital, dan keamanan siber, peserta diharapkan dapat memenuhi kebutuhan industri yang berkembang pesat dan siap menghadapi tantangan masa depan.

PPI Dunia berkomitmen untuk mendukung peran pemuda Indonesia di seluruh dunia dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Inisiatif seperti DigiNation Fest 2024 diharapkan dapat menjadi katalisator bagi inovasi, kolaborasi, dan kemajuan. Saat PPI Dunia bersiap menghadapi tantangan dan peluang dari generasi emas, acara ini menjadi salah satu upaya nyata untuk mewujudkan visi bersama tersebut.

Dengan mengadakan acara seperti ini, PPI Dunia menunjukkan komitmennya untuk membekali pelajar dan profesional muda Indonesia dengan keterampilan yang relevan dan up-to-date. Melalui kolaborasi dan pembelajaran bersama, PPI Dunia bersemangat untuk memimpin transformasi digital dan mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES