Peristiwa Internasional

Tinjau Fast Track di Solo, Wapres RI: Kemudahan dari Kerajaan Arab Saudi

Jumat, 31 Mei 2024 - 14:09 | 11.77k
Wapres RI Maruf Amin mengunjungi Bandara Adi Soemarmo Solo. (Foto: Kemenag RI)
Wapres RI Maruf Amin mengunjungi Bandara Adi Soemarmo Solo. (Foto: Kemenag RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin, didampingi Wury Ma’ruf Amin, melakukan kunjungan kerja ke Solo, Jawa Tengah. Kunjungan ini diawali dengan peninjauan layanan Fast Track Jemaah Haji Indonesia di Bandara Adi Soemarmo.

Fasilitas preclearance ini memungkinkan pemeriksaan dokumen jemaah haji oleh Keimigrasian Pemerintah Arab Saudi dilakukan di Indonesia, sehingga memudahkan proses kedatangan di Tanah Suci.

Wapres tiba di Terminal Embarkasi Haji Solo, Bandara Internasional Adi Soemarmo Surakarta sekitar pukul 10.10 WIB, Kamis (30/05/2024). Menyambut kedatangan Wapres, hadir Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Dubes Kerajaan Arab Saudi untuk Republik Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amudi, Dirjen Imigrasi Kerajaan Arab Saudi Sulaiman bin Abdul Azizi, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, dan Bupati Boyolali M. Said Hidayat.

Layanan Fast Track yang Memudahkan

Fasilitas preclearance di Bandara Adi Soemarmo Solo merupakan salah satu dari tiga layanan fast track yang diberikan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk jemaah haji Indonesia pada musim haji 1444 H/2024 M, selain di Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Soekarno-Hatta.

Layanan ini merupakan bentuk kerja sama erat antara Indonesia dan Arab Saudi dalam meningkatkan kenyamanan dan efisiensi proses keberangkatan jemaah haji.

Wapres K.H. Ma’ruf Amin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Kerajaan Arab Saudi atas fasilitas layanan fast track Makkah Route di Bandara Adi Soemarmo Solo.

"Bagaimana bapak-ibu, sudah periksa dokumen? Bagaimana pelayanannya? Jadi nanti dokumen bapak-ibu tidak diperiksa lagi saat tiba di Tanah Suci. Kita diberi kesitimewaan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Semoga sehat, lancar dan menjadi haji mabrur," ujar Wapres saat menyapa jemaah kelompok terbang (kloter) 71 Embarkasi Solo (SOC-71).

Pemberangkatan Jemaah Kloter 71

Selain meninjau fasilitas fast track, Wapres K.H. Ma’ruf Amin juga melepas pemberangkatan jemaah SOC-71 asal Kabupaten Kudus. Kloter SOC-71 berjumlah 360 orang dengan rincian 352 jemaah, 5 orang petugas kloter, dan 3 orang Petugas Haji Daerah. Mereka dijadwalkan terbang ke Tanah Suci dengan Garuda Indonesia sekitar pukul 11.00 WIB.

Jemaah haji tertua yang tergabung dalam Kloter SOC-71 adalah Supardi Karnawi Matkasan, seorang petani berusia 86 tahun.

Sementara jemaah haji termuda adalah Muhammad Jauhar Bachiri, seorang mahasiswa berusia 19 tahun. Keberangkatan mereka diharapkan berjalan lancar dan mereka dapat menjalankan ibadah haji dengan baik.

Layanan fast track di Bandara Adi Soemarmo Solo merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kenyamanan jemaah haji Indonesia. Adanya fasilitas ini, proses keberangkatan menjadi lebih efisien dan jemaah tidak perlu lagi menghadapi pemeriksaan dokumen di Tanah Suci.

Dukungan dan apresiasi dari Wapres K.H. Ma’ruf Amin menunjukkan komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah haji.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES