Peristiwa Internasional

Jemaah Haji Tiba di Tanah Suci Hampir 170 Ribu Orang, 39 Orang Wafat

Selasa, 04 Juni 2024 - 14:38 | 11.06k
Jemaah haji Indonesia tiba di Makkah. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
Jemaah haji Indonesia tiba di Makkah. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)

TIMESINDONESIA, MAKKAH – Hingga Senin, 3 Juni 2024, sebanyak 39 jemaah haji Indonesia telah wafat di Tanah Suci. Rinciannya, 3 jemaah wafat di Embarkasi, 15 jemaah di Madinah, 19 jemaah di Makkah, dan 2 jemaah di Bandara. Seluruh jemaah wafat akan dibadalhajikan.

Meskipun ada jemaah yang wafat, PPIH Arab Saudi memastikan persiapan haji 2024 tetap berjalan dengan matang. Hari ini, 20 kelompok terbang dengan total 7.751 jemaah haji akan diberangkatkan ke Jeddah.

"PPIH mengingatkan jemaah untuk memastikan dokumen penting seperti smart card, gelang jemaah, dan dokumen lainnya aman dan tersimpan dengan baik," kata anggota MCH Kemenag RI, Widi Dwinanda, Selasa (4/6/2024).

Berdasarkan laporan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Senin, 3 Juni 2024 pukul 21.00 Waktu Arab Saudi (WAS) atau Selasa, 4 Juni 2024 pukul 01.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), jemaah haji yang sudah tiba di Tanah Suci berjumlah 169.958 orang yang terbagi dalam 433 kelompok terbang. 

PPIH mengimbau jemaah untuk menjaga kesehatan dan mengikuti arahan petugas haji. Jemaah juga dihimbau untuk memaksimalkan musala hotel dan masjid sekitar hotel untuk aktivitas ibadahnya. 

PPIH terus mengintensifkan persiapan menjelang puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Jemaah dihimbau untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin, terutama kesiapan kesehatan fisik.

PPIH juga mengingatkan jemaah untuk memastikan dokumen penting seperti smart card, gelang jemaah, dan dokumen lainnya aman dan tersimpan dengan baik. Jika smart card hilang, segera laporkan ke petugas haji untuk diproses penggantiannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES