Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Dalgas PPIH: Tingkatkan Performa dan Kedisiplinan, Jangan Zalim

Selasa, 04 Juni 2024 - 16:16 | 14.83k
Kepala Pengendalian Petugas (Dalgas), Hasan Basri Sagala. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
Kepala Pengendalian Petugas (Dalgas), Hasan Basri Sagala. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, MAKKAH – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) memegang peran vital dalam memastikan kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan ibadah haji bagi jemaah haji Indonesia. Untuk meningkatkan performa dan kedisiplinan para petugas, dibentuklah sebuah struktur baru, yaitu Tim Pengendalian Petugas (Dalgas).

Unit khusus ini bertugas untuk mengendalikan, mengevaluasi, dan memastikan bahwa petugas menjalankan tugasnya dengan sungguh-sungguh dalam melayani jemaah.

“Kita telah membentuk Tim Dalgas. Intinya, pelayanan haji ini harus berjalan dengan maksimal. Sesuai dengan arahan Menteri Agama, pelayanan haji tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya,” ungkap Kepala Pengendalian Petugas (Dalgas), Hasan Basri Sagala, di Madinah, Jumat (31/5/2024).

Hasan Basri menjelaskan bahwa keberhasilan semua segmen pelayanan haji sangat bergantung pada kinerja petugas. 

“Konsumsi bisa baik kalau petugasnya juga berjalan dengan baik. Transportasi bisa berjalan dengan maksimal kalau petugasnya juga melaksanakan tugas dengan maksimal," katanya. 

"Kesehatan bisa memberikan pelayanan dengan baik kalau petugasnya juga memberikan pelayanan dengan baik. Alhamdulillah sejauh ini terpantau baik semua,” tambahnya.

Sebagai tim pengendalian, Hasan Basri mengingatkan semua PPIH, terutama saat puncak pelaksanaan ibadah haji, untuk selalu berorientasi pada memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah. 

"Jangan menjadi petugas yang ‘zalim’, yaitu petugas yang tidak melaksanakan tugas yang menjadi tanggung jawab dan kewajibannya. Hal ini sama saja zalim kepada rekannya dan kepada jemaah yang harusnya ia layani,” tegasnya.

Ia juga mengingatkan agar petugas tidak bekerja setengah-setengah, misalnya hanya bekerja dengan baik saat ada pengawasan dari atasan.

“Jadilah petugas yang fastabiqul khairat, yaitu petugas yang berlomba-lomba melakukan kebaikan dalam melayani jemaah,” tambahnya.

Hasan Basri menekankan bahwa semangat bersama adalah kunci. Tim Dalgas bukan hanya berorientasi untuk menghukum atau mendisiplinkan, tetapi yang lebih penting adalah memastikan semua bekerja dengan maksimal.

“Kalaupun ada yang demikian, tentu akan kita proses. Karena SOP Dalgas adalah salah satu tugasnya diberikan kewenangan untuk melakukan sweeping dan patroli. Apabila ada petugas yang tidak melaksanakan tugasnya, maka akan kita lakukan hukuman yang semaksimal mungkin dalam rangka untuk mendisiplinkan petugas,” tandasnya.

Dengan adanya Tim Dalgas, diharapkan semua petugas haji dapat bekerja dengan lebih disiplin dan berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik, sehingga seluruh rangkaian ibadah haji dapat berjalan lancar dan jemaah haji dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES