Peristiwa Internasional

Haidiri Mukhtamar Perhajian 2024, Menag RI Fokus pada Kemudahan dan Keringanan Ibadah Haji

Senin, 10 Juni 2024 - 20:09 | 10.92k
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menghadiri Mukhtamar Perhajian 2024 yang digelar di Makkah, Arab Saudi. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menghadiri Mukhtamar Perhajian 2024 yang digelar di Makkah, Arab Saudi. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menghadiri Mukhtamar Perhajian 2024 yang digelar di Makkah, Arab Saudi. Acara ini dihadiri oleh delegasi misi haji dari berbagai negara, dengan tujuan membahas persoalan-persoalan terkait pelaksanaan ibadah haji, termasuk penerapan keringanan atau rukhsah dalam berbagai aspek ibadah haji.

Dalam mukhtamar ini, salah satu topik utama yang dibahas adalah kemudahan dan keringanan yang dapat diterapkan dalam ibadah haji. 

"Tadi ada pertemuan mukhtamar taysir, membahas kemudahan melaksanakan ibadah haji. Jadi pada prinsipnya bahwa semua ibadah itu memudahkan, termasuk haji," kata Menag Yaqut Cholil Qoumas, Senin (10/6/2024).

Menag menjelaskan bahwa pada sesi pertama, para peserta membahas tentang prinsip bahwa ibadah haji itu sebenarnya mudah dan tidak memberatkan. 

"Jadi haji itu sebenarnya mudah, seperti kewajiban haji sekali seumur hidup, dan yang tidak mampu, tidak haji pun tidak apa-apa," tambahnya.

Menag juga menyampaikan bahwa acara ini membahas kemudahan dalam berbagai prosesi haji. Beberapa prosesi ibadah haji dapat diberikan keringanan untuk mempermudah para jemaah.

"Prosesi haji itu memudahkan. Karena itu, maka perlu dicari kaidah-kaidah Fiqhiyah berkaitan dengan ibadah haji kali ini," ucapnya.

Mukhtamar Perhajian 2024 diselenggarakan oleh Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi di Makkah Chamber of Commerce. Acara ini dihadiri oleh Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq Al Rabiah, serta beberapa pejabat negara pengirim jemaah haji 2024, seperti Malaysia, Brunei, Afrika Selatan, Turki, Uzbekistan, dan negara lainnya.

Mukhtamar kali ini terdiri dari empat sesi simposium. Setiap sesi menghadirkan para ulama dari berbagai negara yang membahas permasalahan terkait haji serta mencari solusinya. Diskusi yang diadakan di setiap sesi diharapkan dapat memberikan wawasan baru dan solusi praktis untuk meningkatkan kenyamanan dan kemudahan dalam pelaksanaan ibadah haji.

Dukungan Terhadap Pelaksanaan Ibadah Haji

Pemerintah Arab Saudi terus menunjukkan komitmennya untuk memfasilitasi pelaksanaan ibadah haji bagi jutaan umat Muslim dari seluruh dunia. Berbagai inisiatif dan kebijakan diterapkan untuk memastikan bahwa ibadah haji dapat dilaksanakan dengan lancar, aman, dan nyaman.

Menag Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan apresiasinya terhadap upaya Kerajaan Arab Saudi dalam menyelenggarakan Mukhtamar Perhajian ini. 

"Hubungan baik ini memberikan hikmah berupa kemudahan bagi kita dalam berkoordinasi memberikan layanan terbaik bagi jemaah haji Indonesia," tandas Menag.

Mukhtamar Perhajian 2024 menjadi forum penting bagi para ulama dan pejabat dari berbagai negara untuk berdiskusi mengenai keringanan dan kemudahan dalam pelaksanaan ibadah haji. Hasil dari pertemuan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi para jemaah haji, terutama dalam hal memudahkan berbagai prosesi dan memenuhi kewajiban agama dengan lebih baik.

Dengan berbagai kemudahan dan dukungan yang diberikan, diharapkan jemaah haji dari seluruh dunia, termasuk Indonesia, dapat menjalankan ibadah haji dengan khusyuk dan nyaman.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES