Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Operasional Bus Shalawat Dihentikan Sementara Menjelang Puncak Haji 2024

Selasa, 11 Juni 2024 - 20:32 | 11.21k
Petugas haji mengatur bus Shalawat. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
Petugas haji mengatur bus Shalawat. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, MAKKAH – Mulai hari ini, 11 Juni 2024, operasional bus shalawat yang melayani jemaah haji Indonesia resmi diberhentikan. Anggota Media Center Haji (MCH) Kementerian Agama RI, Widi Dwinanda, menyatakan bahwa penghentian ini akan berlangsung selama empat hari menjelang puncak ibadah haji di Arafah.

"Penutupan jalur-jalur yang biasa dilalui bus shalawat disebabkan oleh padatnya arus lalu lintas menjelang puncak haji," ungkap Widi.

"Penghentian ini juga bertujuan agar para jemaah dapat fokus mempersiapkan diri menghadapi puncak haji di Armuzna (Arafah, Muzdalifah, Mina)."

Menjelang puncak haji, Widi menekankan agar jemaah memprioritaskan persiapan menjalani rangkaian puncak haji. Aktivitas ibadah diimbau untuk dilakukan di hotel dan membatasi bepergian ke luar hotel.

"Manfaatkan waktu dengan memperbanyak amalan ibadah, berzikir, mendalami manasik haji, menjaga kebugaran tubuh dengan makan yang teratur dan tepat waktu serta istirahat yang cukup," pesan Widi.

Kondisi Terkini Jemaah Haji Indonesia

Berdasarkan laporan Petugas Penyelengara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi per 10 Juni 2024 pukul 21.00 Waktu Arab Saudi (WAS) atau 11 Juni 2024 pukul 01.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), sebanyak 214.212 jemaah haji Indonesia telah tiba di Tanah Suci. Mereka terbagi dalam 547 kelompok terbang. Namun, jumlah jemaah yang wafat mencapai 87 orang, dengan rincian: 6 di Embarkasi, 17 di Madinah, 61 di Makkah, dan 3 di Bandara.

"Seluruh jemaah yang wafat akan dibadalhajikan," pungkas Widi.

Penghentian operasional bus shalawat ini merupakan langkah strategis untuk memastikan kelancaran dan kesiapan jemaah dalam menjalani rangkaian ibadah di puncak haji.

Para jemaah diharapkan dapat memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya untuk mempersiapkan diri, baik secara fisik maupun spiritual.(*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES