Peristiwa Internasional Info Haji 2024

Kortab Mina Persiapkan Pelayanan Jemaah Haji dan Antisipasi Tantangan

Jumat, 14 Juni 2024 - 15:00 | 12.80k
Kepala Satuan Operasional Armuzna, Harun Al-Rasyid. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
Kepala Satuan Operasional Armuzna, Harun Al-Rasyid. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, MAKKAH – Kortab Mina mengadakan pertemuan untuk membahas persiapan teknis pelayanan Jemaah Haji Indonesia di Mina. Fokus pada pengecekan fasilitas, koordinasi maktab, dan menghadapi tantangan pelayanan.

Koordinator Maktab (Kortab) Mina mengadakan pertemuan pada Kamis (13/06) WAS untuk membahas persiapan teknis pelayanan jemaah haji saat di Mina. Pertemuan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan fasilitas dan koordinasi dalam melayani jemaah selama mabit di Mina.

"Setiap maktab itu ada satu orang yang bertanggung jawab menjadi koordinator dibantu oleh stafnya beberapa orang yang tujuannya adalah untuk bisa memastikan penempatan jemaah di tenda itu. Juga untuk membantu melayani jemaah ketika mabit di Mina," ujar Kepala Satuan Operasional Armuzna, Harun Al-Rasyid.

Harun menjelaskan bahwa setiap maktab akan dikoordinasi oleh satu penanggung jawab yang dibantu oleh beberapa staf. Tugas mereka meliputi pengecekan kesiapan tenda, dapur, katering, serta toilet yang menjadi kebutuhan jemaah.

"Diantaranya mengecek kesiapan dapur, katering, dan tenda-tenda yang akan ditempati. Kemudian juga mengecek adanya kesiapan toilet, air, untuk kebutuhan jemaah selama mabit di Mina yang kurang lebih tiga malam empat hari itu. Serta juga membantu proses kelancaran jemaah dalam melaksanakan wajib haji," lanjutnya.


Keragaman Jemaah dan Tantangan Pelayanan

Dengan keragaman latar belakang jemaah, mulai dari kultur, pendidikan, hingga sosial, maktab diharapkan bisa memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing jemaah.

Setiap maktab diperkirakan akan membawahi 2800 hingga 3000 orang, atau membawahi kloter yang sebelumnya sudah diklusterkan oleh PPIH.

Harun juga mengakui tantangan-tantangan dalam pelayanan, terutama terkait dengan fasilitas dan ketepatan dalam pengaturan katering.

"Tentunya tantangan-tantangan yang perlu kita antisipasi yaitu kesiapan baik itu fasilitas tenda, fasilitas air, dan juga ketepatan dalam pengaturan katering," tambahnya.

Pertemuan Kortab Mina ini menunjukkan komitmen dalam memastikan pelayanan jemaah haji selama mabit di Mina berjalan lancar. Dengan persiapan matang dan koordinasi yang baik, diharapkan para jemaah dapat melaksanakan ibadah haji dengan nyaman dan khusyuk. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES