Peristiwa Internasional

Simposium Internasional PPI Dunia di Budapest Hadirkan Menteri dan Tokoh Nasional

Jumat, 21 Juni 2024 - 11:51 | 32.79k
Wakil Koordinator PPI Dunia dan juga Sterring commite Simposium Internasional ke 16 Budapest, Marhadi. (Foto: PPI Dunia)
Wakil Koordinator PPI Dunia dan juga Sterring commite Simposium Internasional ke 16 Budapest, Marhadi. (Foto: PPI Dunia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pergelaran Simposium Internasional PPI Dunia tidak terasa tinggal menghitung hari. Event tempat berkumpulnya Pelajar Indonesia di Seluruh dunia ini akan dilaksanakan pada tanggal 21-24 Agustus 2024.

Budapest di pilih sebagai tuan rumah pelaksanaan Simposium Internasional ini setelah memenangkan pemilihan sebagai tuan rumah pada saat Simposium Internasional ke XV di Belanda. Organisasi ini secara rutin menyelenggarakan Simposium Internasional tahunan.

Dalam acara tersebut akan dibahas beberapa isu termasuk Kongres Internasional, sidang komisi, rangkaian seminar dan diskusi mengenai isu-isu terkini berterkaitan dengan Indonesia dan dunia. Acara ini dihadiri oleh para pelajar, mahasiswa, akademisi, praktisi, dan masyarakat umum yang tertarik dengan masalah global dan negeri katulustiwa. 

Simposium Internasional PPI Dunia pertama kali diadakan pada tahun 2007 di Australia. Tujuan dari simposium ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang isu-isu penting, mempromosikan kerjasama internasional, serta memperkuat hubungan antar perhimpunan pelajar Indonesia di seluruh dunia.

Menurut Wakil Koordinator PPI Dunia dan juga Sterring commite Simposium Internasional ke 16 Budapest Marhadi menjelaskan bahwa Pelaksanaan Simposium Internasional ini akan dilaksanakan di Ibukota Hongaria Budapest.

"Tujuan acara ini adalah menumbuhkan kesadaran pelajar Indonesia untuk aktif berkontribusi dalam melanjutkan pembangunan bangsa dan mewujudkan kemandirian bangsa serta Mewadahi komunikasi dan sinergi, antar pelajar Indonesia di luar negeri, serta antara pelajar Indonesia di luar negeri dengan elemen masyarakat dan pelajar dalam lingkup nasional," ungkapnya.

Mahasiswa Doktoral di Hungarian Universty of Agriculture and life Sciences MATE ini juga mengatakan sampai saat ini PPI Dunia dan panitia Simposium Internasional sudah menyiapkan secara maksimal. Kegiatan terbesar pelajar Indonesia di luar negeri dengan kehadiran narasumber yang kompeten dan tokoh nasional.

Tema yang diangkat tahun ini yakni “Peran Pelajar Indonesia di Luar Negeri Mewujudkan Pembangunan berkelanjutan menuju Indonesia Emas 2045”.

Marhadi menambahkan bahwa terdapat beberapa Menteri dan selevel Menteri yang akan hadir sebagai narasumber. Sebut saja Kepala Staff kantor kepresidenan Jend (Purn) Moeldoko, Menteri Investasi dan kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Kepala BPIP Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D, Ketua Komisi 1 DPR RI Meutya Hafid, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, dan Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Febry Calvin Teteleta.

Direktur Utama PT. Pertamina Nicke Widyawati, Direktur Utama PT. PNM Arief Mulyadi, Komut PT. Integrasi Aviasi Solusi Prof. Dr. Danang Parikesit juga dihadwalkan hadir dalam kegiatan tersebut.

Selain itu hadir juga sebagai narasumber tokoh-tokoh muda seperti ketua PB HMI Bagas Kurniawan, Presedium alumni Connect Choirul anam, Staf khusus kepala BNPB Ega Putrawan Yudhoningrat, Ketua Ikatan Alumni Mahasiswa Indonesia Hongaria M. Putra Hutama dan beberapa narasumber lainnya. 

Marhadi yang didampingi Ketua Panitia SI Fadhilla Adzani serta ketua Umum PPI Hongaria Haekal Ashari menjelaskan bahwa persiapan panitia dan PPI Hongaria selaku host kegiatan sedang dimaksimalkan. Sampai saat ini persiapan panitia sudah mencapai 80 persen.

Antusias peserta yang sangat tinggi membuat Simposium Internasional ini akan meriah dari tahun tahun sebelumnya. Delegasi luar negeri yang sudah mendaftar sekitar 102 orang yang berasal dari berbagai negara eropa, timur tengah dan asia tentunya.

Selain itu ketua Panitia menjelaskan pelaksanaan simposium Internasional akan meriah. Karena sebelum pembukaan tanggal 21 Agustus 2024, para delegasi akan di suguhkan pesta kembang api di Depan Parlemen Hungary malam hari sebelumnya.

Gedung Parlemen Hungaria berdiri megah di pinggir Sungai Danube. Saat ini gedung ini merupakan gedung terbesar di Hungaria. Lokasi ini akan menjadi tempat untuk menyaksikan pesta kembang api. 

Selain pertunjukan pesta kembang api, panitia juga akan menyuguhkan beberapa kejutan yang akan membuat para delegasi takjub dan puas terhadap pelaksanaan Simposium Internasional tahun 2024 ini.

Lebih lanjut panitia juga menyiapkan gala dinner di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Budapest. Pada malam gala dinner ini delegasi akan disuguhkan tarian Csárdás. Tarian ini merupakan tarian khas Hongaria.

Kegiatan Simposium Internasional PPI Dunia ini juga akan mengajak delegasi untuk mengunjungi beberapa kawasan wisata di Budapest. Hal ini tentunya akan membuat delegasi memiliki kesan sendiri dari simposium ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES