Peristiwa Internasional

Putra Putri Permira 2024: Mengasah Diplomasi Mahasiswa Indonesia Bersama PPI Dunia

Sabtu, 29 Juni 2024 - 12:10 | 16.10k
Tangkapan layar Zoom meeting sesi pembahasan Putra Putri Permira 2024
Tangkapan layar Zoom meeting sesi pembahasan Putra Putri Permira 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPID) atau sering dikenal sebagai PPI Dunia bersama KBRI Moskow dan Kemendikbudristek RI telah sukses menyelenggarakan acara Putra Putri Permira 2024. Acara ini bertujuan untuk memilih mahasiswa-mahasiswi berbakat asal Indonesia yang tengah menempuh studi di Rusia, dengan misi untuk mempromosikan budaya Indonesia serta memperkuat hubungan diplomatik antara kedua negara.

Acara ini diawali dengan pembekalan materi selama dua hari, dari tanggal 22 hingga 23 Juni 2024, yang dilaksanakan secara online. Ketua Unit Redaksi PPI Dunia, Ria Maha Putri, turut berpartisipasi dalam kompetisi ini sebagai perwakilan dari Permira Kazan. Ria menekankan bahwa Putra Putri Permira memberikan dampak positif dalam mempererat hubungan diplomatik antara Indonesia dan Rusia, melalui berbagai pagelaran budaya Indonesia di Rusia. "Budaya adalah identitas bangsa. Bangsa yang hebat adalah bangsa yang memahami sejarah dan budayanya," ujar Ria.

Deputy Chief of Minister KBRI Moscow, Berlian Helmy, dalam sambutannya mengangkat tema "Future Diplomats: Mastering the Craft for Indonesian Students Overseas". Ia menegaskan bahwa mahasiswa memiliki peran penting sebagai duta bangsa dalam diplomasi. Helmy menjelaskan berbagai bentuk dan target diplomasi, termasuk hubungan bilateral, multilateral, regional, dan publik. Ia juga menggarisbawahi pentingnya keterampilan dalam diplomasi, seperti komunikasi efektif, negosiasi, pemahaman budaya, toleransi, dan adaptasi.

Billy Mambrasar, Staff Khusus Presiden RI 2019 - 2024, memberikan materi tentang tips dan trik dalam berkomunikasi. Ia menekankan pentingnya kemampuan komunikasi, kepemimpinan, dan keterampilan teknikal yang baik. Salah satu metode yang ia ajarkan adalah metode S.T.A.R (Situation, Task, Action, Result), yang membantu dalam menganalisis dan menyelesaikan masalah secara efektif.

Jovial da Lopez berbicara tentang "Iconic You: Elevate Your Presence by Creating a Personal Brand That Leaves a Mark". Ia menekankan pentingnya kerja keras, pemahaman diri, tujuan yang jelas, dan kepercayaan diri dalam membangun personal branding yang kuat.

Vanessa Zahra, Puteri Indonesia DKI Jakarta 6, menyampaikan tema "Crowning Your Potential: A Journey of Self-Development". Ia menjelaskan empat area pengembangan diri: emosional, mental, sosial, dan fisik. Vanessa mengingatkan bahwa semua orang layak dihormati, tetapi tidak semua orang berhak mendapatkan energi dan waktu kita.

Putra Putri Permira 2024 yang digagas oleh PPI Dunia berhasil menunjukkan bahwa mahasiswa Indonesia di Rusia tidak hanya berprestasi dalam akademik, tetapi juga mampu berperan sebagai diplomat muda yang mempromosikan Indonesia di mata dunia. Acara ini membuktikan bahwa sinergi antara pendidikan, budaya, dan diplomasi dapat menghasilkan generasi muda yang siap membawa nama baik Indonesia di kancah internasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES