Peristiwa Nasional

Survei Populi Centre: Herman Deru-Mawardi Yahya Diprediksi Menang di Sumsel

Selasa, 12 Juni 2018 - 21:42 | 192.52k
Survei Populi Centre. (FOTO: Dokumen Populi Center For Times Indonesia)
Survei Populi Centre. (FOTO: Dokumen Populi Center For Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lembaga survei Populi Centre merilis hasil survei kandidat Pilgub Sumatera Selatan (Sumsel). Hasilnya, Populi Centre menemukan elektablitas pasangan calon Herman Deru-Mawardi Yahya (HDMY) tertinggi, yaitu mencapai 40,8 persen. Kemudian disusul pasangan Dodi Reza Alex- Giri Ramanda Kiemas dengan hasil 30,3 Persen.

Selanjutnya, urutan ketiga diperoleh pasangan Ishak Mekki-Yudha Pratomo dengan 13,1 persen dan di peringkat keempat oleh pasangan Saifudin Aswari Rivai- Muhammad Irwansyah dengan 4,3%. Sementara itu masyarakat yang menjawab tidak tahu sebesar  11.6%.

Peneliti Senior Populi Centre Hartanto Rosojati mengatakan, survei dilakukan melalui metode wawancara tatap muka dengan besaran sampel 800 (delapan ratus) responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling). 

Adapun margin of error pada survei kali ini sebesar 3,39 Persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. 

“Nama Herman Heru menjadi tokoh dengan tingkat elektabilitas tertinggi jika dibandingkan dengan tokoh lain yang berpartisipasi pada pemilihan gubernur nanti, Hasil survei menunjukan bahwa Herman Deru unggul dengan 90,5 Persen, disusul oleh calon Gubernur pesaingnya Dodi Reza Alex dengan 79,8 Persen," kata Hartanto Rosojati melalui pesan tertulis kepada Times Indonesia, Selasa (12/6/2018).

"Di urutan ketiga, terdapat nama Ishak Mekki dengan 76,4 Persen, disusul di urutan keempat oleh Mawardi Yahya (Wakil dari Herman Deru) dengan 39,9 Persen,’’ lanjut Hartanto Rosojati.

Hartanto Rosojati mengatakan, survey yang dilakukan pada tanggal 15 sampai 21 Mei 2013 ini juga menunjukkan bahwa nama Herman Deru mendominasi pada tingkat akseptabilitas dari semua kategori.

Disusul Dodi Reza Alex dan Ishak Mekki, selanjutnya urutan keempat dan kelima diduduki oleh dua nama yakni Saifudin Aswari dan Mawardi Yahya yang saling bertukar dalam beberapa kategori.

Kemudian untuk kategori akseptabilitas tersebut antara lain kategori calon yang dianggap bersih dari korupsi, paling berani memberantas korupsi, paling mampu memimpin, paling religius atau taat beragama, paling tegas, paling disukai, dan calon yang paling layak memimpin.

“Kategori yang menarik adalah pada tokoh yang paling bersih dari korupsi. Pada survei bulan Maret 2018 nama Dodi Reza Alex menempati urutan pertama, namun pada survei bulan Mei 2018 peringkat tersebut diambil alih Herman Deru dengan 24 Persen atau meningkat dari 20,1 Persen," katanya.

"Sedangkan Dodi Reza memperoleh 18,1 Persen atau menurun dari 20,6 Persen, Pada urutan ketiga dan keempat nama Ishak Mekki mendapat 10,5 Persen dan Saifudin Aswar Rivai mendapat 2,0 Persen. Hal yang sama juga terlihat pada kategori tokoh yang dinilai paling berani memberantas korupsi,’’tambahnya.

Dia menjelaskan, untuk urutan tingkat elektabilitas ini sama dengan dua survei sebelumnya pada bulan Maret 2018 dan Januari 2018. Meski demikian terdapat hal yang menarik, yakni selisih tingkat dukungan menjelang pemilihan antara pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya yang berada di peringkat pertama dengan pasangan Dodi Reza Alex-Giri Ramanda Kiemas di posisi kedua yang telah menyentuh dua digit angka dengan selisih 10,5 Persen.

Terkait tingkat kemantapan pilihan, katanya, untuk kategori jawaban sudah mantap dengan pilihannya, terjadi peningkatan persentase dari survei sebelumnya; dari 57,8 Persen pada bulan Maret menjadi 67,5 Persen di bulan Mei 2018.

Sedangkan pemilih yang menjawab masih mungkin akan merubah pilihannya dalam pemilu sebesar 22,0 Persen, sedangkan sebesar 10,5 Persen belum menentukan pilihannya. 

Untuk kategori masih mungkin berubah pilihannya dan belum menentukan pilihan, persentase keduanya mengalami penurunan dibandingkan survei sebelumnya. 

Hal ini menunjukkan bahwa para pemilih di Sumatera Selatan sudah semakin memiliki preferensi terhadap tokoh yang akan dipilih dalam pemilihan Gubernur Sumatera Selatan mendatang.

Hasil survey juga menunjukkan tingkat partisipasi pemilih terlihat sangat tinggi terhadap pemilihan Gubernur Sumatera Selatan pada bulan Juni 2018. Terlihat dari 99,6 Persen masyarakat Sumatera Selatan yang ingin ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi tersebut, sedangkan masyarakat yang masih ragu-ragu untuk berpartisipasi sebesar 0,3 Persen dan masyarakat yang tidak menjawab sebesar 0,1 Persen.

Sementara itu, pada kategori elektabilitas partai politik apabila pemilihan legislatif dilaksanakan hari ini, PDIP menjadi partai yang memiliki tingkat keterpilihan tertinggi dengan 20,9 Persen, disusul partai Golkar dengan 14.6 Persen di urutan kedua dan partai Gerindra dengan 14,0 Persen di urutan ketiga. 

PDIP menjadi partai secara stabil dan konsisten berada di peringkat teratas, meski peringkat teratas di bulan September 2017 pernah diduduki oleh Partai Golkar dengan 22,1 Persen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES