Peristiwa Nasional

Presiden Jokowi Saksikan Pengucapan Sumpah Guntur Hamzah Sebagai Hakim Konstitusi

Rabu, 23 November 2022 - 14:21 | 9.26k
Presiden Jokowi Saksikan Pengucapan Sumpah Guntur Hamzah Sebagai Hakim Konstitusi
Presiden Jokowi menyaksikan pengucapan Sumpah Hakim Konstitusi Guntur Hamzah di Istana Negara Jakarta. (FOTO: BPMI Setpres)

TIMESINDONESIA, JAKARTAHakim Konstitusi Guntur Hamzah mengucapkan Sumpah/Janji Hakim Konstitusi yang disaksikan langsung oleh Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) di Istana Negara Jakarta pada Rabu (23/11/2022). 

Pengucapan Sumpah di hadapan Presiden Jokowi juga sekaligus pengangkatan jabatan sebagai Hakim Konstitusi berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 114/P/Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Hakim Konstitusi yang diajukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Sebelum mengucapkan Sumpah, Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Nanik Purwanti membacakan Keppres tersebut dan dilanjutkan pembacaan Sumpah yang disaksikan oleh Presiden Jokowi dan juga pejabat negara lainnya. 

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban hakim konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Tahun 1945 serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ucap Guntur Hamzah dihadapan Presiden Jokowi. 

Presiden-Jokowi-b.jpgHakim Konstitusi Guntur Hamzah yang baru diangkat melalui Keppres Nomor 114/P/Tahun 2022 memberikan keterangan persnya. (FOTO:tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Setelah Pengucapan Sumpah, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh Hakim Konstitusi Guntur Hamzah disaksikan oleh Presiden Jokowi. 

Dalam pengucapan Sumpah sendiri hadir pejabat negara diantaranya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Sekretaris Kabinet (Setkab) Pramono Anung, dan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman. 

Usai menyaksikan Pengucapan Sumpah Hakim Konstitusi, Presiden RI Jokowi melanjutkan agendanya ditempat yang sama yaitu melantik Muhamad Mardiono sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan. 

Profil Hakim Konstitusi Guntur Hamzah

Dilansir dalam laman resmi Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, Guntur Hamzah merupakan pria kelahiran Makassar yang beragama Islam.

Sebelum menjabat sebagai Hakim Konstitusi, pria kelahiran 8 Januari 1965 ini pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi RI. 

Guntur Hamzah juga menyelesaikan gelar Magister Hukum dari Program Studi Hukum Tata Negara (HTN) pada Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran, Bandung dan pada tahun 2002 Lulus Program Doktor di bidang Ilmu Hukum (DR) pada Program Pascasarjana Universitas Airlangga, Surabaya dengan predikat Cumlaude. 

Dilansir dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara tahun 2021, Guntur Hamzah memiliki kekayaan sebesar Rp8.650.171.341 dengan rincian sebagai berikut;
1. Tanah dan Bangunan Rp2.517.187.000
2. Alat Transportasi dan Mesin Rp428.625.000
3. Harta Bergerak Lainnya Rp165.250.000
4. Surat Berharga Rp2.500.000.000
5. Kas dan Setara Kas Rp3.039.109.341

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara tahun 2021 yang disampaikan pada 28 Maret 2022, Guntur Hamzah yang saat ini menjabat sebagai Hakim Konstitusi tercatat tidak memiliki hutang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES