Peristiwa Nasional

Kebakaran di Kantor Kemenkumham RI, Kronologi hingga Penyebabnya

Kamis, 08 Desember 2022 - 17:52 | 66.61k
Kebakaran di kantor Kemenkumham RI, Kamis (8/12/2022) pagi. (Foto: Suara)
Kebakaran di kantor Kemenkumham RI, Kamis (8/12/2022) pagi. (Foto: Suara)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kebakaran terjadi di Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI), Kamis (8/12/2022) pagi. Kebakaran melanda gudang yang berada di lantai 5 Gedung Sentra Mulia, Ditjen Imigrasi, Kantor Kemenkumham RI. Berikut kronologi hingga penyebab kebakaran di kantor yang berada di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Kronologi Kebakaran
Menurut keterangan Plt Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan, Sugeng Wiyono, peristiwa bermula saat salah seorang saksi menyaksikan kebakaran di lantai 5 kantor Kemenkumham RI yang diketahui sebagai tempat penyimpanan perlengkapan.

Upaya memadamkan api yang membakar gudang dilakukan oleh pengelola gedung bersama petugas keamanan. 

Namun upaya tersebut tidak berhasil, yang terjadi asap semakin tebal hingga membuat pihak gedung menghubungi Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan.

Maish menurut Sugeng, laporan kebakaran diterima oleh Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan pada pukul 11.08 WIB.

Selanjutnya, dilakukan operasi pemadaman mulai pukul 11.15 WIB. Selang sekitar dua jam masih berlangsung proses pendinginan.

Sebanyak 130 personel dan 26 unit dikerahkan dalam proses pemadaman kebakaran di lantai 5 kantor Kemenkumham RI. 

Dilaporkan, tidak terdapat korban jiwa dan luka-luka dalam peristiwa tersebut. "Para pekerja sudah dievakuasi sebelum api semakin membesar," kata Sugeng, dikutip dari Suara.com.

Penyebab Kebakaran
Plt Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan, Sugeng Wiyono menyebut penyebab kebakaran di kantor Kemenkumham RI adalah korsleting listrik.

"Dugaan penyebab kebakaran itu korsleting listrik, di panel," kata Sugeng Wiyono kepada awak media di lokasi, Kamis (8/12/2022), dikutip dari detik.com.

Sugeng menjelaskan, lokasi terjadinya kebakaran merupakan gudang administrasi arsip sekretariat.

"Yang terbakar itu informasi di lantai lima, gudang. Gudang administrasi sekretariat," ujarnya.

Sementara itu, Plt Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham RI, Widodo Ekatjahjana memastikan bahwa dokumen keimigrasian dalam kondisi aman, tidak turut terbakar.

"Alhamdulillah dokumen keimigrasian berhasil diselamatkan, tidak ada dokumen keimigrasian yang hancur," kata Widodo, dikutip detik.com.

Puluhan Tahanan Dipindahkan
Sebanyak 20 tahanan keimigrasian yang merupakan warga negara asing (WNA) dipindahkan setelah kebakaran di lantai 5 kantor Kemenkumham RI terjadi.

Koordinator Humas Setjen Kemenkumham RI, Tubagus Erif Faturrahman mengatakan para tahanan tersebut dipindahkan ke rumah detensi imigrasi di Jakarta Barat.

"Ada 20 tahanan. Sudah langsung dievakuasi ke Rutan Imigrasi di Kalideres," kata Erif kepada wartawan, dikutip dari kompas.com.

Erif menyampaikan pula bahwa tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa kebakaran di lantai 5 tersebut. Hanya seorang pegawai disebut terluka karena memecahkan kaca dalam upaya memadamkan api.

Pegawai Dipulangkan, Layanan Terhambat
Akibat kebakaran tersebut, para pegawai di kantor Kemenkumham RI pulang lebih awal dari waktu semestinya.

"Dan untuk sementara mungkin dalam satu hari ini akan dipulangkan terlebih dahulu yang bekerja di Gedung Sentra Mulia ini," kata Tubagus Erif Faturrahman, masih dikutip dari kompas.com.

Dilansir dari Detik.com, pelayanan keimigrasian pun terhambat. Plt Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham RI, Widodo Ekatjahjana menuturkan kebakaran menyebabkan  pelayanan keimigrasian seperti proses persetujuan visa, persetujuan izin tinggal hingga M-Paspor menjadi terhambat.

Menurut Widodo, saat terjadi kebakaran, para pegawai yang terdapat di gedung langsung dievakuasi. Para pegawai pun keluar dari dalam gedung. Mereka melanjutkan pekerjaan dari rumah masing-masing.

Kondisi ini menyebabkan adanya hambatan terhadap pelayanan keimigrasian," ujar Widodo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES