Peristiwa Nasional

Konreg 2023 Kementerian PUPR RI, Menteri PUPR RI Basuki Sampaikan Arahan Prioritas Program Tahun 2024

Senin, 13 Februari 2023 - 22:42 | 41.14k
Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat hadir dalam Pembukaan Konreg Kementerian PUPR Tahun 2023 di Auditorium Kementerian PUPR RI, Jakarta, Senin (13/2/2022). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)
Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat hadir dalam Pembukaan Konreg Kementerian PUPR Tahun 2023 di Auditorium Kementerian PUPR RI, Jakarta, Senin (13/2/2022). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) menyelenggarakan Konsultasi Regional Tahun 2023 (Konreg 2023) yang bertujuan untuk mengkoordinasikan dan menyinkronkan program bidang PUPR tahun 2024 bersama pemerintah daerah.

Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono menegaskan kembali arahan Presiden RI Jokowi untuk menuntaskan pekerjaan konstruksi selambat-lambatnya pada semester 1 tahun 2024.

Advertisement

“Artinya program kita tahun 2024 adalah lanjutan dari multi years contract yang sudah dimulai tahun ini dan tahun sebelumnya. Kemudian OPOR dalam rangka memanfaatkan pembangunan yang sudah kita selesaikan, kemudian direktif Presiden. Kegiatan baru hanya boleh atas direktif Presiden,” kata Menteri Basuki pada Pembukaan Konsultasi Regional Kementerian PUPR RI Tahun 2023 di Auditorium Kementerian PUPR RI, Jakarta, Senin (13/2/2022).

Konreg-Kementerian-PUPR-2.jpg

Menteri PUPR RI juga menginstruksikan agar Inpres Pembangunan Jalan Daerah untuk menangani pemeliharaan atau peningkatan jalan-jalan daerah di luar jalan nasional dapat mulai diprogramkan pada tahun ini agar bisa mulai dilaksanakan pada tahun 2024.

Menteri PUPR RI mengajak pemerintah daerah khususnya Bappeda dan Dinas PUPR untuk bersama-sama menyusun programnya dengan baik dan benar.  

“Kami ingin mengajak pemerintah daerah memprogramkan ini agar benar-benar bisa melayani kawasan industri, kawasan pariwisata, dan kawasan produksi baik persawahan, perkebunan, transmigrasi,” ujarnya.

Menteri Basuki Minta jajaran Kementerian PUPR RI makisimalkan TKDN

Terakhir, Menteri Basuki meminta baik kepada Kementerian PUPR RI maupun pemerintah daerah untuk memaksimalkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sesuai arahan Presiden.

Konreg-Kementerian-PUPR-3.jpg

“Artinya dari mulai perencanaan sudah mulai didesain untuk produk dalam negeri. Saya ingin kita tetap konsisten untuk meningkatkan pembelian produk dalam negeri. Arahannya bukan memprioritaskan produk dalam negeri, tapi dilarang impor,” katanya.

Acara Konreg 2023 ini diikuti secara virtual oleh para perwakilan Pemerintah Provinsi, yaitu para Sekretaris Daerah, para Kepala Bappeda, dan para Kepala Dinas Bidang PUPR. Turut hadir secara fisik para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian PUPR RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES