Peristiwa Nasional

Menteri PUPR RI Dapat Penghargaan Baznas Award 2023

Rabu, 22 Maret 2023 - 22:21 | 38.98k
Sekjen Kementerian PUPR RI saat menerima penghargaan Baznas Award 2023 Kategori Menteri Pendukung Zakat Sejahterakan Ummat. (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)
Sekjen Kementerian PUPR RI saat menerima penghargaan Baznas Award 2023 Kategori Menteri Pendukung Zakat Sejahterakan Ummat. (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono menerima penghargaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Award 2023 Kategori Menteri Pendukung Zakat Sejahterakan Ummat.

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dan diterima oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR RI Mohammad Zainal Fatah di Jakarta, Selasa (21/3/2023). 

Advertisement

Wapres RI KH Ma'ruf Amin berpesan untuk menjadikan Baznas Award 2023 sebagai bagian dari upaya memperkuat pondasi ekosistem zakat nasional. Perhelatan ini hendaknya tidak berhenti pada ajang apresiasi bagi pemangku kepentingan yang mendukung dan mendorong kebangkitan zakat di Tanah Air. 

Menurut Wapres RI, para penerima Baznas Award yang berasal dari pejabat, tokoh masyarakat, publik figure, ulama, muzakki, mushahih, Lembaga Amil Zakat, pemerintah daerah, bahkan kalangan media tidak lain adalah unsur dan komponen utama atau pendukung ekosistem zakat itu sendiri. 

"Untuk itu, keberlanjutan atas peran ekosistem zakat ini harus dijaga dan dijadikan role model untuk direplikasi oleh pihak-pihak lain," kata Wapres RI KH  Ma'ruf Amin. 

Wapres RI KH Ma'ruf Amin juga menekankan komponen utama ekosistem zakat mencakup sumber zakat atau asal usul zakat itu sendiri, mulai aspek perencanaan, penghimpunan, penyaluran, hingga akuntabilitas zakat harus dikelola secara professional dan amanah. 

“Kembangkan strategi penguatan ekosistem zakat nasional, potensi, kekuatan, dan tantangan dari tiap komponen ekosistem zakat perlu dipetakan dengan seksama. Susun strategi penguatan dari komponen ekosistem zakat tersebut, salah satunya sertifikasi kompetensi amil zakat,” kata Wapres RI KH Ma’ruf Amin. 

Sekjen Kementerian PUPR RI Mohammad Zainal Fatah mengatakan dalam sambutannya Wapres RI KH Ma’ruf Amin menyampaikan ke depan agar para penerima penghargaan Baznas Award terus menjadi teladan dalam perbaikan.

Wapres RI  juga berharap agar Baznas Award menjadi sarana sosialisasi untuk menginspirasi banyak pihak agar terus mengembangkan ekosistem zakat nasional.  

“Tentu ini menjadi kebanggaan bagi kita, warga Kementerian PUPR RI bahwa Menteri kita menjadi salah menteri yang menginspirasi dalam penyelenggaraan zakat nasional,” kata Sekjen Kementerian PUPR RI Zainal Fatah. 

Selain Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono,  penghargaan Baznas Award 2023 kategori Menteri Pendukung Zakat Sejahterakan Ummat juga diberikan kepada Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMK), Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Agama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

Konten promosi pada widget ini bukan konten yang diproduksi oleh redaksi TIMES Indonesia. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES