Peristiwa Nasional

Fadel Muhammad: Mahasiswa Harus Punya Siklus Keberhasilan

Selasa, 23 Mei 2023 - 12:25 | 62.90k
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad bertemu dengan Himpunan Pelajar Mahasiswa Indonesia Gorontalo (HPMIG) cabang Yogyakarta. (FOTO: dok HPMIG)
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad bertemu dengan Himpunan Pelajar Mahasiswa Indonesia Gorontalo (HPMIG) cabang Yogyakarta. (FOTO: dok HPMIG)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad bertemu dengan Himpunan Pelajar Mahasiswa Indonesia Gorontalo (HPMIG) cabang Yogyakarta dalam rangkaian kunjungan kerja ke Provinsi Daerah Istimewa Yogykarta, Senin (22/5/2023). Dalam pertemuan itu Fadel Muhammad menyampaikan kiat untuk menggapai keberhasilan.

"Saya sudah tulis di buku saya tentang teori siklus keberhasilan. Saya ingin siklus keberhasilan ini ada pada mahasiswa Gorontalo," kata Fadel Muhammad dalam pertemuan dengan para mahasiswa yang tergabung dalam HPMIG Cabang Yogyakarta, di Resto Boetani, Yogyakarta.

Wakil Ketua MPR dari DPD itu kemudian menjelaskan tentang siklus keberhasilan. Pertama, kapabilitas. "Orang yang berhasil dan sukses itu harus punya kemampuan atau kapabilitas. Kemampuan yang dimaksud adalah pendidikan atau sekolah, baik S1, S2, maupun doktoral," terangnya.

Kedua adalah kesempatan. "Kapabilitas seseorang sangat penting. Kalau dia punya kemampuan atau kapabilitas maka seumur hidup dia akan selalu punya kesempatan dan mengcreate kesempatan," lanjut senator dari Gorontalo ini.

Berikutnya, atau ketiga, adalah strategi. "Strategi ini adalah bagaimana mengatur diri sendiri, bagaimana mengatur waktu, bagaimana menyelesaikan pendidikan dengan baik, dan lainnya. Dengan strategi itu maka seseorang dapat meningkatkan kapabilitasnya. Kalau kapabilitasnya naik maka akan semakin besar dan banyak pula kesempatan yang dimilikinya," tambahnya.

Fadel Muhammad meminta pelajar dan mahasiswa mengatur strategi ini. "Aturlah strategi ini. Inilah yang dinamakan siklus keberhasilan. Saya namakan ini adalah siklus dari orang yang berpikir entrepreneur. Saya mau siklus ini ada pada pelajar mahasiswa Gorontalo," pintanya.

Dari diskusi dengan HPMIG Cabang Yogyakarta dalam pertemuan itu, Fadel Muhammad menangkap aspirasi dari HPMIG Cabang Yogyakarta tentang perlunya asrama mahasiswa putri dan beasiswa untuk mahasiswa yang tidak mampu. "Saya akan bicarakan dengan gubernur yang baru untuk mendapatkan perhatian," janji Fadel Muhammad.

Soal dualisme kepengurusan HPMIG, Fadel Muhammad mengajak mahasiswa yang tergabung dalam HPMIG untuk bersatu dan kompak. "Kalian bersatulah, HPMIG Jaya (Jakarta) dan HMPIG Yogyakarta. Tidak baik kalau berkelahi terus. Kalau ini terus dibiarkan akan tidak bagus. Saya ingin HPMIG kompak dan kekeluargaan Gorontalo solid," ujarnya.

Bahkan Fadel Muhammad akan memfasilitasi pelantikan pengurus HPMIG dilakukan di Gedung MPR. "Yang penting cabang Jakarta dan Yogyakarta menyatu. Nanti pelantikan bisa di MPR. Saya yang akan memfasilitasi. Kalau sudah bersatu, HPMIG cabang-cabang lainnya pasti akan ikut," tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES