Peristiwa Nasional

Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2024 Sebesar Rp93,4 Juta

Senin, 27 November 2023 - 18:27 | 33.13k
Ilustrasi jemaah haji Indonesia.
Ilustrasi jemaah haji Indonesia.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah bersama Komisi VIII DPR RI telah secara resmi menetapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk tahun 2024 sebesar Rp93,4 juta. Keputusan ini diumumkan oleh Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi, dalam rapat di Jakarta pada hari Senin (27/11/2023)

Ashabul Kahfi menjelaskan bahwa kesepakatan ini dicapai setelah serangkaian diskusi panjang oleh Panitia Kerja (Panja) BPIH 1445 Hijriah/2024 Masehi. Pemerintah awalnya mengajukan usulan biaya Haji 2024 sebesar rata-rata Rp105 juta. Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI kemudian melakukan rasionalisasi komponen BPIH, dan angka yang didapat adalah Rp94,3 juta.

Dalam rapat berikutnya, Komisi VIII dan Kemenag RI melakukan penghitungan dan rasionalisasi ulang, menghasilkan angka akhir Rp93,4 juta sebagai biaya haji tahun 2024.

Menurut kesepakatan tersebut, calon peserta haji hanya perlu membayar Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) sebesar Rp56 juta per orang, yang setara dengan 60 persen dari total biaya. Sementara itu, sisanya, sebesar Rp37,3 juta (40 persen), akan diambilkan dari nilai manfaat hasil pengelolaan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Ashabul Kahfi menjelaskan bahwa biaya yang harus dibayar oleh jamaah meliputi biaya penerbangan, akomodasi di Mekkah, sebagian akomodasi di Madinah, biaya hidup, dan biaya visa. Sementara itu, biaya dari nilai manfaat BPKH akan digunakan untuk biaya penyelenggaraan ibadah haji di Arab Saudi dan komponen biaya penyelenggaraan ibadah haji di dalam negeri.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES