Peristiwa Nasional

BMKG: Hujan Diprediksi Guyur Sebagian Besar Ibukota Provinsi

Minggu, 03 Desember 2023 - 09:09 | 31.69k
Ilustrasi - Cuaca Hujan (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)
Ilustrasi - Cuaca Hujan (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya hujan yang akan melanda sebagian besar wilayah Ibu Kota Provinsi pada hari Minggu (3/12/2023).

Dari informasi yang diambil dari situs resmi BMKG di Jakarta, perkiraan cuaca menyebutkan bahwa wilayah Pontianak, Banjarmasin, dan Mataram diperkirakan akan mengalami hujan petir di siang hari, sementara Jambi akan mengalami hujan pada malam hari.

Di sisi lain, wilayah Banda Aceh dan Medan diprediksi akan mengalami hujan lebat di siang hari, sedangkan Mamuju diharapkan akan mengalami hujan pada malam hari.

Prediksi cuaca untuk Kota Serang dan Bandung menyebutkan adanya hujan sedang di siang hari, sementara Yogyakarta diperkirakan akan hujan pada malam hari, dengan tingkat kelembaban berkisar antara 60-95.

Beberapa wilayah lainnya juga akan mengalami hujan ringan, seperti Semarang, Surabaya, Palangkar Raya, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Ternate, Kupang, Mamuju, Makassar, Manado, dan Palembang.

Sementara itu, Kota Denpasar, Yogyakarta, Bandar Lampung, Ambon, Manokwari, Pekanbaru, Kendari, dan Padang diproyeksikan akan cerah berawan di siang hari.

Wilayah Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Samarinda, dan Tarakan diprediksi cerah berawan. Kota Jayapura juga diantisipasi cerah pada siang hari ini, dengan suhu rata-rata mencapai 23-31 Celcius.

Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang dapat meningkat dalam satu pekan ke depan.

"Kondisi cuaca dan iklim di seluruh wilayah Indonesia saat ini menunjukkan adanya perubahan dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di beberapa wilayah di Indonesia," ujarnya.

Guswanto juga menyebutkan beberapa fenomena atmosfer yang signifikan, termasuk fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang kini memasuki wilayah Indonesia bagian barat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES