Peristiwa Nasional

Jelang Libur Akhir Tahun 2023, KAI Tambah 86 Perjalanan Tiap Hari

Senin, 04 Desember 2023 - 14:29 | 30.75k
Ilustrasi perjalanan Kereta Api. (dok. TImes Indonesia)
Ilustrasi perjalanan Kereta Api. (dok. TImes Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Kereta mempersiapkan diri untuk menghadapi lonjakan penumpang selama musim angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan menambah perjalanan kereta api (KA). Langkah ini diambil sebagai upaya untuk memberikan pelayanan yang optimal selama periode padat ini, berlangsung dari 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

Menurut Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, saat ini KAI telah menambah sekitar 84 perjalanan KA setiap hari, mencapai peningkatan sekitar 20 persen. Totalnya, KAI Group menambah 86 perjalanan tambahan untuk mengakomodasi lonjakan penumpang selama libur Natal-Tahun Baru. Jumlah tempat duduk yang disediakan mencapai 6.113.934 atau rata-rata 339.663 tempat duduk per hari, meningkat sekitar 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kami untuk saat ini menambah sekitar 84 perjalanan KA tiap hari sehingga ada kenaikan kira-kira 20 persen," kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Senin (4/12/2023).

Pembagian tempat duduk terdiri dari 2.743.786 untuk perjalanan reguler dan 3.288.690 untuk perjalanan tambahan. Puncak lonjakan penumpang diperkirakan terjadi pada Sabtu (23/12/2023).

Untuk mendukung kelancaran angkutan Natal dan Tahun Baru, Didiek Hartantyo menjelaskan serangkaian persiapan yang telah dilakukan oleh KAI. Ini termasuk ramp check atau inspeksi kelengkapan Standar Pelayanan Minimum (SPM) baik di sarana perkeretaapian maupun stasiun, mulai dari Daop 1 Jakarta hingga Daop 9 Jember dan Divre I Sumut sampai dengan Divre 4 Tanjungkarang.

KAI bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), dan kepolisian juga akan melakukan inspeksi bersama dari Daop 1 hingga Daop 9.

Selain itu, posko Natal-Tahun Baru akan beroperasi dari 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024. KAI juga mengantisipasi gangguan perjalanan KA di sarana maupun prasarana dengan menempatkan sarana posko, alat material untuk siaga (AMUS), dan penempatan petugas jaga ekstra.

Didiek Hartantyo juga memberikan informasi terkait cuaca hujan dan laporan mengenai longsor di Daop 5 Purwokerto. Dalam penanganan situasi ini, jalur Purwokerto ke Bandung dialihkan melalui Cirebon.

KAI juga meningkatkan koordinasi dengan pihak keamanan untuk memastikan keamanan dan ketertiban, terutama di daerah rawan keamanan dan ketertiban.

Dengan langkah-langkah ini, KAI berkomitmen memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan efisien bagi penumpang selama musim libur Natal dan Tahun Baru 2023-2024.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES