Peristiwa Nasional

Ahmad Basarah Sang Pejuang Pancasila

Senin, 04 Desember 2023 - 15:30 | 25.80k
Dr Ahmad Basarah, politikus Indonesia yang menggaungkan Pancasila. (Foto: Tria Adha/TIMES Indonesia)
Dr Ahmad Basarah, politikus Indonesia yang menggaungkan Pancasila. (Foto: Tria Adha/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Membumikan Pancasila, menjadi sebuah komitmen kuat politikus Indonesia, Dr. Ahmad Basarah. Dia berulang kali menegaskan bahwa Pancasila adalah ideologi yang fundamental bagi bangsa Indonesia.

Basarah percaya bahwa Pancasila adalah dasar negara yang mampu mempersatukan bangsa Indonesia yang majemuk. Ia juga percaya bahwa Pancasila adalah ideologi mampu menghad tantangan zaman. Dia juga mengkampanyekan Pancasila kepada masyarakat Indonesia. Ia sering memberikan ceramah dan seminar tentang Pancasila, baik di dalam maupun di luar negeri.

Ahmad Basarah juga aktif dalam kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk membumikan Pancasila. Ia pernah menginisiasi berbagai kegiatan, seperti lomba pidato Pancasila, lomba poster Pancasila, dan lomba penulisan artikel Pancasila.

"Pancasila adalah ideologi yang mampu menghadapi tantangan zaman. Pancasila adalah ideologi yang mampu memberikan solusi bagi berbagai masalah yang dihadapi bangsa Indonesia," pernyataan Ahmad Basarah.

Pernyataan-pernyataan tersebut menunjukkan bahwa Ahmad Basarah adalah seorang tokoh yang berkomitmen kuat terhadap Pancasila. Ia percaya bahwa Pancasila adalah ideologi yang penting bagi bangsa Indonesia dan harus dijaga kelestariannya.

Jejak Sang Pejuang Pancasila
Ahmad Basarah lahir di Jakarta pada tanggal 16 Juni 1968. Ia adalah seorang anak dari pasangan Basarah dan Siti Maryam. Ayahnya adalah seorang PNS dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga.

Basarah tumbuh besar di lingkungan yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila. Ia sering mendengar cerita tentang perjuangan para pendiri bangsa untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.

Basarah memiliki ketertarikan yang besar terhadap bidang hukum dan politik sejak usia muda. Ia menempuh pendidikan tinggi di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), dan Universitas Kristen Indonesia (UKI).

Pada tahun 1999, Basarah memulai karier politiknya sebagai anggota DPR RI periode 1999-2004 melalui pergantian antarwaktu. Ia kemudian terpilih kembali menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014 dan 2014-2019.

Pada periode 2014-2019, Basarah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR RI yang membidangi hukum, HAM, dan keamanan. Pada periode 2019-2024, ia menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI yang membidangi sekretariat dan sistem informasi.

Basarah dikenal sebagai politikus muda yang berprestasi dan memiliki potensi yang besar untuk menjadi pemimpin masa depan. Ia memiliki wawasan yang luas, kemampuan yang mumpuni, dan komitmen yang kuat terhadap demokrasi.

Pesan Sang Pejuang Pancasila
Sebagai seorang pejuang, Ahmad Basarah juga sering menyampaikan pesan kepada generasi muda. Pesan Ahmad Basarah kepada generasi muda untuk terus menjaga dan melestarikan Pancasila adalah pesan yang penting untuk diingat. Pancasila adalah ideologi yang fundamental bagi bangsa Indonesia dan harus dijaga kelestariannya.

Generasi muda, menurutnya adalah generasi yang akan menjadi pemimpin bangsa di masa depan. Oleh karena itu, penting bagi generasi muda untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

"Generasi muda adalah generasi penerus bangsa. Kalianlah yang akan melanjutkan perjuangan para pendiri bangsa untuk menjaga dan melestarikan Pancasila. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila."

Pesan ini mengingatkan generasi muda akan pentingnya menjaga dan melestarikan Pancasila. Pancasila adalah ideologi yang fundamental bagi bangsa Indonesia. Pancasila adalah dasar negara yang mampu mempersatukan bangsa Indonesia yang majemuk. Pancasila adalah ideologi yang mampu menghadapi tantangan zaman.

Generasi muda harus menjadi agen perubahan untuk membumikan Pancasila di tengah masyarakat. Generasi muda harus menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES