Peristiwa Nasional

Wujudkan Akuntabilitas Kinerja dan Pengelolaan Anggaran, Menag Yaqut Lakukan MoU Dengan PPATK

Kamis, 07 Desember 2023 - 10:24 | 21.06k
Penandatanganan Nota Kesepahaman Sinergitas Pelaksanaan Tugas dan Fungsi antara Kemenag dengan PPATK yang dilakukan Menag dan Kepala PPATK. (FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia)
Penandatanganan Nota Kesepahaman Sinergitas Pelaksanaan Tugas dan Fungsi antara Kemenag dengan PPATK yang dilakukan Menag dan Kepala PPATK. (FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag RI) dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Sinergitas Pelaksanaan Tugas dan Fungsi antara Kemenag dengan PPATK. 

Penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dan Kepala PPATK Ivan Yustiavandana di Asrama Haji Jakarta pada Rabu (6/12/2023) ini merupakan langkah Kemenag mencegah terjadinya tindakan korupsi. 

“Korupsi itu buruk, gratifikasi itu buruk, transaksi mencurigakan itu buruk, jadi hal-hal yang buruk itu harusnya dihindari oleh seluruh ASN Kemenag,” ucap Menag Yaqut Cholil Qoumas usai penandatanganan nota kesepahaman dengan PPATK yang juga bersamaan dengan pembukaan workshop penguatan integritas ASN Kemenag. 

Kemenag-PPATK-2.jpgMenag Yaqut Cholil Qoumas.  (FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia)

Pria yang akrab disapa Gus Men mengatakan, saat dirinya ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Agama, hal yang harus ia perbaiki adalah tata kelola di Kemenag termasuk yang ada didalamnya adalah tata kelola keuangan. 

“Presiden Jokowi mengatakan kepada saya, anggaran Kemenag cukup besar tetapi bocornya juga cukup besar. Jadi saat hari pertama menjabat sebagai Menteri Agama, saya panggil semua pejabat eselon 1 dan eselon 2 satu persatu untuk belanja masalah,” kata Gus Men. 

“Hasil kesimpulan saya setelah bertemu dengan semua unit eselon 1 dan eselon 2, benar apa yang dikatakan Presiden, ada masalah dengan tata kelola di Kemenag, maka harus diperbaiki,” pungkas Gus Men. 

Sebelumnya, Kepala PPATK Ivan Yustiavandana mengapresiasi adanya penandatanganan nota kesepahaman antara PPATK dengan Kemenag. “Komitmen menandatangani MoU dengan PPATK bagi kami sesuatu yang luar biasa,” ungkapnya. 

Kemenag-PPATK-3.jpgKepala PPATK Ivan Yustiavandana. (FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia)

Ivan menegaskan dengan ditandatanganinya MoU Kemenag, PPATK berkomitmen penuh menjaga akuntabilitas kinerja dan pengelolaan anggaran Kemenag. 

“Saya yakin cita-cita kami semua diluar Kemenag untuk menjadikan Kemenag sebagai patokan akuntabilitas kinerja dan pengelolaan anggaran itu tidak mimpi, ini sekaligus menjadi komitmen PPATK untuk berada di belakang Kemenag untuk menjaga akuntabilitas kinerja dan pengelolaan anggaran secara nasional,” tandas Ivan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES