Peristiwa Nasional

Inilah Profil Rizal Ramli, Yatim Piatu Sejak 6 Tahun

Selasa, 02 Januari 2024 - 23:48 | 22.17k
Rizal Ramli. (FOTO: Instagram Rizal Ramli)
Rizal Ramli. (FOTO: Instagram Rizal Ramli)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mantan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Rizal Ramli tutup usia saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta pada Selasa (2/1/2024) malam. 

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang, Bapak/Kakek/Mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo,” ungkap staf Rizal Ramli, Tri Wibowo Santoso pada Selasa (2/1/2024) melalui pesan whatsapp. 

Dilansir dari laman resmi Rizal Ramli, pria kelahiran Padang, Sumatera Barat pada 10 Desember 1954 ini sudah menjadi yatim piatu sejak usia 6 tahun. Setelahnya Rizal Ramli pindah ke rumah Neneknya di wilayah Bogor Jawa Barat. 

Pria yang terkenal sebagai pakar ekonomi dan juga aktivitas ini tercatat menjadi Mahasiswa jurusan Fisika, Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1973. Berselang dua tahun, tepatnya 1975, Rizal Ramli terbang ke Jepang untuk belajar di Sophia University Japan. Pada tahun 1990, Rizal Ramli mendapatkan gelar doktor (Phd) di Boston University. 

Pria yang pernah menerbitkan Buku Putih Perjuangan Mahasiswa Indonesia sempat menjabat sebagai penasihat fraksi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) di DPR pada 1992.

Karirnya dikabinet dimulai sejak Rizal Ramli dipercaya oleh Presiden Abdurahman Wahid sebagai Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Kepala Bulog (Badan Urusan Logistik), Ketua Komite Kebijakan Sektor Keuangan (KKSK) pada tahun 2000.

Setelah menjabat sebagai Menko Perekonomian, Rizal Ramli dipercaya oleh Presiden Gusdur sebagai Menteri Keuangan pada tahun 2001 menggantikan Prijadi Praptosuhardjo dalam kurun waktu yang singkat yaitu hanya 1 bulan lebih. 

Dalam riwayat hidupnya, Rizal Ramli pernah menikah sebanyak dua kali. Pernikahan pertamanya dengan Herawati Moelyono digelar pada 1982 dan pada 2006, Herawati Moelyono meninggal dunia karena kanker. Pernikahan keduanya dengan Marijani pada tahun 2008 juga mengalami nasib yang serupa dengan pernikahan pertamanya, Rizal Ramli ditinggalkan istrinya karena meninggal dunia pada tahun 2011 disebabkan penyakit kanker juga. 

Pada 2018, Rizal Ramli menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina DPP ASPRINDO (Asosiasi Pengusaha Bumiputra Nusantara Indonesia) dan ditahun yang sama juga memperoleh gelar adat "Ngofa Tidore" atau Putera Tidore dari Sultan Tidore H. Husain Syah. 

Kini, Rizal Ramli, sosok pemimpin yang selalu memihak rakyat, out of the box dan sejak muda berjuang untuk keadilan dan kemakmuran rakyat didalam sistem maupun luar sistem pemerintahan harus tutup usia dan meninggalkan semua hasil karyanya untuk diteruskan oleh generasi berikutnya. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES