Peristiwa Nasional

PPI Dunia Geliatkan GPIM Menyongsong Indonesia Emas 2045

Minggu, 07 Januari 2024 - 20:35 | 18.92k
Gerakan Pelajar Indonesia sukses digelar di Gedung Perpusnas, Jakarta. (Foto: PPI Dunia)
Gerakan Pelajar Indonesia sukses digelar di Gedung Perpusnas, Jakarta. (Foto: PPI Dunia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di tengah arus globalisasi, langkah para pelajar Indonesia yang tampil di panggung internasional tak hanya menjadi sebuah tren. Hal inilah yang dilakukan PPI Dunia melalui Gerakan Pelajar Indonesia Mendunia (GPIM).

Organisasi yang memiliki singkatan Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia tersebut bertujuan membuat gebrakan untuk menggairahkan semangat kompetisi dan eksistensi pelajar Indonesia di tingkat internasional.

Koordinator PPI Dunia, Hamzah Assuudy Lubis, berbicara tentang makna terbentuknya gerakan ini. Menurutnya program tersebut akanmemberikan dampak positif tidak hnya bagi pelajar sendiri namun juga bagi bangsa. 

"Program ini memiliki tujuan monumental: membekali pelajar Indonesia dengan keterampilan, pengetahuan, dan jaringan untuk bersaing di kancah global, serta memberikan dampak positif bagi pembangunan Indonesia," ungkapnya.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, mengapresiasi inisiatif ini sebagai langkah positif menuju Indonesia Emas 2045. Melalui video yang dikirimnya Retno menyatakan bahwa hal tersebut akan mendukung kemajuan tanah air.

"Generasi muda harus mampu bersaing di level internasional, berpikir global, inovatif, dan kreatif untuk mencapai cita-cita Indonesia sebagai negara maju," tegasnya.

Pada acara ini, Anton Rahmadi dari Balai Pembiayaan Tinggi (BPPT) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI mengungkapkan upaya kerjasama dengan LPDP dalam memberikan peluang beasiswa kepada pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi di dalam maupun luar negeri.

Pembicara lainnya, Agam Bayu Suryanto dari LPDP, berbagi pengalaman studi di luar negeri dan menyoroti pentingnya kontribusi positif untuk masyarakat sekitar sebagai kriteria penting dalam penerimaan beasiswa LPDP.

Para peserta juga memberikan pandangan pribadi tentang tantangan dan pengalaman uniknya selama kuliah di luar negeri. Mereka menggambarkan cara mendapatkan jejaring global profesional yang luas sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Dr. Soebowo Musa, sebagai pembicara terakhir, menyoroti bagaimana mahasiswa yang berkuliah di luar negeri dapat mengasah kemampuan kritis, kreatif, analitis, dan kepemimpinan strategis mereka.

Sejalan dengan pemikiran tersebut, Gresika Bunga menambahkan bahwa kolaborasi dan usaha bersama adalah kunci untuk mencapai Indonesia Emas 2045. "Gerakan Pelajar Indonesia Mendunia" menjadi langkah penting dalam memberdayakan pemuda dan mengakselerasi pencapaian cita-cita Indonesia sebagai negara maju pada tahun 2045.

Gerakan Pelajar Indonesia Mendunia bukan sekadar sebuah inisiatif pendidikan, melainkan tonggak sejarah yang menandai semangat dan dedikasi para pelajar Indonesia dalam meraih puncak prestasi internasional. Dengan menggenggam erat visi Indonesia Emas 2045, gerakan ini menjadi motor penggerak bagi generasi muda untuk terus bersaing, berkolaborasi, dan membawa nama Indonesia bersinar di panggung dunia.

Melalui pembekalan keterampilan, pengetahuan, dan jaringan, para pelajar Indonesia yang terlibat dalam gerakan yang digagas oleh PPI Dunia tersebut dapat menjadi pionir yang menerangi jalan menuju masa depan gemilang, seiring dengan cita-cita besar bangsa.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES