Peristiwa Nasional

PDI Perjuangan Kemungkinan Jadi Oposisi, Begini Respons Jokowi

Senin, 19 Februari 2024 - 14:00 | 47.59k
Presiden Jokowi. (FOTO: Setkab)
Presiden Jokowi. (FOTO: Setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPDI Perjuangan bicara kemungkinan akan menjadi oposisi pemerintah selanjutnya. Kemungkinan itu akan dilakukan jika Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menang di Pilpres 2024.

Presiden Jokowi (Joko Widodo) merespon hal tersebut. Menurutnya, ia tak bisa berkomentar banyak. "Ya ditanyakan saja pada beliau-beliau di PDI Perjuangan," katanya kepada media, dikutip TIMES Indonesia dari YouTube Sekretariat, Senin (19/2/2024).

Presiden Jokowi juga ditanya soal harapan posisi Partai NasDem di pemerintahan selanjutnya. Ia mengaku, membicarakan hal tersebut masih sangat dini. "Ini baru awal-awal, nanti kalau final, nanti kami sampaikan," jelas suami Iriana itu.

Presiden Jokowi menjelaskan, dirinya hanya menjadi jembatan bagi partai politik. Menjadi oposisi atau tidak, adalah hak setiap partai politik.

"Tapi itu sebetulnya saya hanya jadi jembatan. Yang paling penting kan nanti partai-partai. Jembatan untuk semuanya. Saya ingin jadi jembatan untuk semuanya. Urusan politik itu urusan partai-partai," ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyampaikan kemungkinan pihaknya akan menjadi oposisi pemerintah selanjutnya.

Ia mengatakan, partai politik yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri ini sudah memiliki pengalaman menjadi oposisi yang cukup lama.

"PDI Perjuangan pengalaman (menjadi oposisi pada) 2004 dan 2009. Posisi saat itu berada di luar pemerintah," kata Hasto di Gedung High End, Jakarta Pusat, pada Kamis (15/2/2024).

Sementara itu, Ketua Umum Surya Paloh pada Minggu (18/2/2024) kemarin, sudah melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Negara. Kepala Negara mengakui bahwa pertemuan itu membicarakan soal politik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES