Peristiwa Nasional

Jokowi: Terima Kasih MA yang Terus Bekerja Keras Membenahi Diri

Selasa, 20 Februari 2024 - 15:17 | 18.97k
Presiden Jokowi saat bersama para Hakim Mahkamah Agung (MA). (FOTO: Setkab)
Presiden Jokowi saat bersama para Hakim Mahkamah Agung (MA). (FOTO: Setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden Jokowi (Joko Widodo) menyampaikan terima kasih kepada Mahkamah Agung (MA) yang terus melakukan reformasi kearah yang lebih baik.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Negara dalam sambutannya di Laporan Tahunan MA, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa (20/2/2024).

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Mahkamah Agung yang terus bekerja keras membenahi diri, terus melakukan reformasi menjadi bagian penting bagi penguatan rule of law dan good governance," katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan, harapan masyarakat pada lembaga pengadilan semakin tinggi. Kini, kata dia, masyarakat menuntut jaminan keadilan, dan masyarakat kini pun semakin kritis.

"Di tengah-tengah tantangan ini, integritas adalah pilar utama, bukan hanya bagi para hakim agung, tetapi seluruh hakim di Indonesia, juga seluruh panitera, ASN dan pegawai di Mahkamah Agung," jelasnya.

Presiden Jokowi juga menyampaikan, MA kini menjadi rujukan dan teladan bagi para hakim di seluruh Indonesia. 

Oleh karenanya, Kepala Negara menyambut baik reformasi internal yang dilakukan di MA untuk menegakkan prinsip rule of law dan good governance, serta meningkatkan kinerja pengadilan secara berkelanjutan.

Menurutnya, reformasi itu akan terus berjalan dengan baik jika kualitas SDM hakim di MA menjaga integritas, profesionalitas, dan juga pada kepekaan terhadap rasa keadilan masyarakat.

"Oleh karena itu, inovasi harus menjadi bagian dari reformasi, bukan hanya dengan mengadopsi teknologi baru, tetapi juga perspektif dan sensitivitas dalam menyelesaikan perkara hukum. Misalnya penerapan sistem restorative justice sebagai terobosan penyelesaian perkara," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES