Peristiwa Nasional

PPI Dunia Mengabdi 2024: Jangkau Desa Simangambat Mandailing Natal

Senin, 26 Februari 2024 - 21:42 | 39.18k
PPI Dunia Mengabdi 2024, di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.
PPI Dunia Mengabdi 2024, di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Komitmen PPID untuk berkontribusi dalam pembangunan tanah air terus diwujudkan. Kali ini, dalam kegiatan bertajuk PPI Dunia Mengabdi 2024, pemberdayaan desa menjadi spirit para pelajar Indonesia dari berbagai negara melakukan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Adapun tujuan kegiatan PPID Mengabdi adalah sebagai wadah para pelajar Indonesia diluar negeri untuk lebih peduli dengan sesama. MEreka juga diharapkan dapat mengambil peran nyata dalam mengamalkan salah satu tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat.

Sasaran kegiatan tahun ini adalah siswa/i SD dan Madrasah, masyarakat umum desa, UMKM, BUMDes, dan lingkungan hidup desa. Kegiatan ini berlangsung sejak 18 Februari sampai 21 Februari 2024.

Pembukaan dihadiri oleh pejabat pemerintah Kabupaten Mandailing Natal. Tampak Asisten 1 Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal Sahnan Pasaribu, Koordinator PPI Dunia Hamzah Lubis. Beberapa jajaran pemerintah dan masyarakat setempat juga menghadiri acara tersebut.

”Kami berharap Wakil Bupati Madina yang pernah menjadi Diaspora Indonesia di Australia dapat hadir nanti untuk memberikan support dan perhatian kepada pelajar Indonesia diluar negeri yang hadir dengan biaya dan usaha sendiri,” ungkap Andika Ibrahim Nasution, Direktur Pergerakan dan Pengabdian Masyarakat PPI Dunia.

Tarian adat Bujing-Bujing khas Panyabungan ditampilkan dalam acara pembukaan. Sosialisasi kegiatan dimulai pada malam harinya.

PPI-Dunia-b.jpg

Hari kedua, diadakan pelayanan cek kesehatan gratis bagi warga desa dan kegiatan belajar bersama di Desa Simangambat. Pengajaran bahasa Arab di Madrasah Dinniyah Awwaliyyah, serta aksi bersih lingkungan dan olahraga bersama juga dilaksanakan pada hari yang sama. 

Dilanjut di hari ketiga, Talkshow di Pesantren Roihanul Jannah, dan Diskusi bersama para petani kopi lopo Mandailing. ”Melalui kegiatan yang berfokus kepada pendidikan, kesehatan, peduli lingkungan serta kewirausahaan kami berharap seluruh masyarakat bisa menularkan hal positif dan menciptakan lingkungan yang baik,” ujar Hamzah Lubis, Koordinator PPI Dunia.

Kegiatan ini ditutup tanggal 21 Februari 2024, dengan penampilan flashmob, bersih lingkungan, dan pembagian susu dan buah untuk balita di desa Simangambat. KEgiatan ini berkolaborasi dengan Komisi Kesehatan, Direktorat Penelitian dan Kajian PPI Dunia, serta pembagian tas dan buku tulis kepada para pelajar Sekolah Dasar setempat.

”Kami berharap kegiatan PPI Dunia Mengabdi bisa terus berkelanjutan di Desa Simangambat dan meluas di seluruh pedesaan di Indonesia agar seluruh masyarakat Indonesia bisa lebih peduli terhadap perkembangan desa,” tutup Ahmad Rasyid, Kepala Desa Simangambat.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES