Peristiwa Nasional

Hoaks: Klaim Jokowi Bagikan Bantuan Tunai Rp50 Juta Pada Februari 2024

Selasa, 27 Februari 2024 - 11:19 | 21.89k
 Presiden RI Jokowi
Presiden RI Jokowi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah cuplikan gambar yang menampilkan Presiden RI Jokowi sedang memberikan pernyataan kenegaraan beredar di platform TikTok pada Februari 2024. Dalam gambar tersebut, Presiden terlihat mengenakan setelan jas gelap dan berbicara di hadapan mimbar berlogo Garuda, lambang negara Indonesia.

Namun, narasi yang disertakan dalam cuplikan tersebut menyesatkan. Narasi tersebut mengklaim bahwa Presiden Jokowi akan memberikan bantuan tunai senilai Rp50 juta kepada warga beruntung.

Narasi tersebut berbunyi, "jika video ini lewat beranda kalian berarti anda beruntung langsung dapat bantuan tunai dari bapak Jokowi 50 juta tunai sekarang".

Ternyata, klaim ini adalah hoaks. Video pidato yang disampaikan Presiden Jokowi dalam unggahan TikTok sebenarnya merupakan potongan dari pernyataan Kepala Negara terkait kekerasan di Gaza. Konten tersebut sebelumnya telah dimuat di kanal YouTube milik Sekretariat Presiden pada 19 Oktober 2023.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengutuk kekerasan di Gaza dan menyatakan solidaritas dengan para korban, terutama perempuan dan anak-anak. Video tersebut tidak sama sekali mencakup rencana pembagian bantuan tunai sebesar Rp50 juta kepada warga Indonesia.

Oleh karena itu, klaim yang menyebutkan bahwa Jokowi akan memberikan bantuan tunai sebesar Rp50 juta pada Februari 2024 adalah hoaks yang tidak memiliki dasar yang kuat.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES