Peristiwa Nasional

Diresmikan Presiden Jokowi, Transformasi Terminal Samarinda Seberang Sejak 1972 hingga 2024

Kamis, 29 Februari 2024 - 23:31 | 19.14k
Presiden RI Joko Widodo meresmikan Terminal Samarinda Seberang. (Foto: Istimewa)
Presiden RI Joko Widodo meresmikan Terminal Samarinda Seberang. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, SAMARINDA – Pembangunan Terminal Samarinda Seberang yang dimulai sejak tahun 1972, hingga saat ini masih berfungsi, meski sebelumnya kelihatan usang dengan model bangunan tua. Selain itu terminal tersebut mengalami tantangan dalam operasionalnya karena beberapa masalah yang muncul. Diantaranya terjadi penurunan signifikan dalam jumlah penumpang.

Terminal Samarinda Seberang, sebagai satu-satunya terminal bus penumpang Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Kota Samarinda, harus memberikan perhatian yang besar terhadap kinerja operasionalnya. Pasalnya, kualitas pelayanan terminal ini sangat berdampak pada kelancaran sistem transportasi bus di wilayah tersebut.

Terminal Tipe A Samarinda Seberang yang dikelola oleh Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Kalimantan Timur, berlokasi di Baqa, Kecamatan Samarinda Seberang, Kota Samarinda. Terminal ini mulai dioperasikan pada tanggal 1 Februari 2023, dan melayani trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) menuju Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Selain itu, Terminal Tipe A Samarinda Seberang dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum, termasuk toilet, fasilitas kebersihan, fasilitas perdagangan, area merokok, fasilitas telekomunikasi, area dengan jaringan internet, dan fasilitas park and ride.

Terminal-Samarinda-Seberang.jpgTerminal Samarinda Seberang dengan desain yang baru. (Foto: Istimewa)

Presiden Republik Indonesia Jokowi (Joko Widodo) didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, dan Wali Kota Samarinda Andi Harun meresmikan Terminal Penumpang Tipe A Samarinda Seberang, Kalimantan Timur, Rabu (28/2/24).

Presiden menyatakan bahwa revitalisasi terminal ini diharapkan dapat menggalakkan penggunaan kendaraan umum sebagai alternatif bagi pengguna kendaraan pribadi. Hal ini menjadi penting mengingat kondisi kemacetan yang semakin memburuk di hampir semua kota besar, termasuk Samarinda.

Dengan memperkuat infrastruktur dan pelayanan terminal, diharapkan masyarakat akan lebih tertarik untuk beralih ke transportasi umum, sehingga dapat mengurangi kemacetan dan meningkatkan kelancaran mobilitas di kota tersebut.

“Dengan melihat situasi kemacetan yang terjadi di berbagai kota, termasuk Samarinda, Balikpapan, dan Banjarmasin, penting bagi kita untuk lebih mendorong penggunaan transportasi massal dan transportasi umum,” ucap Jokowi saat memberikan pidato.

Ia juga mengharapkan masyarakat untuk kembali menggunakan kendaraan umum guna mengurai kemacetan.

“Dengan demikian, diharapkan penggunaan kendaraan pribadi dapat terus berkurang. Ini menjadi langkah yang strategis dalam mengatasi permasalahan kemacetan serta menjaga kelancaran mobilitas penduduk dan aktivitas ekonomi di berbagai kota,” tambahnya.

Terminal Samarinda Seberang dengan luas lahan 6.682 m2 telah mengalami proses revitalisasi dari tahun 2020 hingga 2022. Pada tahun 2023, terminal ini melayani sebanyak 22.170 penumpang kedatangan dan 41.005 penumpang keberangkatan. Terminal ini khusus melayani trayek bus antar kota antar provinsi (AKAP) dengan rute Samarinda-Banjarmasin.

Kepala Negara menyatakan kebahagiaannya atas pembangunan Terminal Samarinda Seberang. Terminal yang sebelumnya terkesan kumuh, kotor, dan tidak tertata kini telah berubah menjadi terminal yang bersih, rapi, dan tertata.

"Dengan transformasi ini, kita berharap masyarakat akan semakin tertarik untuk beralih menggunakan transportasi umum," ucapnya.

Ia pun mengisyaratkan pentingnya peran terminal yang baik dalam merangsang penggunaan transportasi publik untuk mobilitas yang lebih efisien dan berkelanjutan, termasuk Terminal Samarinda Seberang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES