Peristiwa Nasional

Dirjen PHU Kemenag RI: Bimtek PPIH Tingkatkan Profesionalisme Petugas Haji

Selasa, 19 Maret 2024 - 21:55 | 20.20k
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI, Hilman Latief memotivasi calon PPIH Arab Saudi. (Foto: Imadudin Muhammad/TIMES Indonesia)
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI, Hilman Latief memotivasi calon PPIH Arab Saudi. (Foto: Imadudin Muhammad/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Agama RI (Kemenag RI) kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dengan tujuan utama meningkatkan profesionalisme dan kualitas layanan bagi Jemaah Haji Indonesia yang akan melaksanakan ibadah di Mekkah.

Menurut Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI, Hilman Latief, Bimtek ini tidak sekadar memberikan pengetahuan tentang teknis tugas-tugas PPIH, tetapi juga bertujuan mengajarkan pentingnya aspek profesionalisme dalam penyelenggaraan ibadah haji.

"Bimtek ini bukan hanya tentang pemahaman tugas, tapi juga tentang bagaimana memastikan bahwa setiap langkah yang diambil oleh petugas haji mencerminkan standar profesionalisme yang tinggi," ungkap Hilman, Selasa (19/3/2024), di Asrama Embarkasi Jakarta, Jakarta Timur.

Selain itu, Bimtek kali ini juga menekankan pentingnya kesiapan dalam menghadapi situasi krisis yang mungkin terjadi selama pelaksanaan ibadah haji. Materi tentang pengawasan, penanganan krisis, dan pelaporan kinerja menjadi fokus utama dalam pelatihan ini.

Hilman juga menyoroti peran teknologi dalam penyelenggaraan ibadah haji, dengan memperkenalkan metode baru seperti penggunaan aplikasi dan sistem berbasis komputer untuk mempermudah koordinasi dan pelaporan.

Selain aspek teknis, Bimtek juga memberikan ruang bagi para petugas haji untuk memahami pentingnya moderasi dalam beragama. "PPIH tidak hanya bertugas sebagai penyelenggara ibadah, tetapi juga sebagai duta kecil bangsa Indonesia yang harus mampu mencerminkan semangat moderasi dan kedamaian dalam beragama," jelas Hilman.

Dengan melibatkan berbagai instansi, termasuk unsur TNI, Polri, serta lembaga agama dan pendidikan, Bimtek ini diharapkan dapat menciptakan sinergi yang kuat dalam memberikan layanan terbaik bagi jemaah haji.

"Kami berharap setiap petugas haji yang mengikuti Bimtek ini akan pulang dengan pengetahuan yang lebih luas, keterampilan yang lebih baik, dan semangat yang lebih tinggi untuk menjalankan tugas mereka dengan penuh dedikasi dan profesionalisme," tutup Hilman.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES