Peristiwa Nasional

BMKG Prediksi Sejumlah Wilayah Indonesia Diguyur Hujan Lebat

Jumat, 22 Maret 2024 - 08:11 | 20.83k
BMKG mengeluarkan peringatan dini berupa potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah provinsi di Indonesia pada Jumat (22/3/2024). (FOTO: Antara)
BMKG mengeluarkan peringatan dini berupa potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah provinsi di Indonesia pada Jumat (22/3/2024). (FOTO: Antara)

TIMESINDONESIA, JAKARTABMKG mengeluarkan peringatan awal mengenai kemungkinan hujan sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang di beberapa provinsi di Indonesia pada Jumat (22/3/2024) hari ini.

BMKG menyatakan potensi hujan lebat bersama petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di sejumlah wilayah, termasuk Aceh, Bali, Bangka Belitung, Bengkulu, dan DKI Jakarta.

Selain itu, potensi cuaca serupa juga diidentifikasi di Gorontalo, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Lampung.

Demikian pula, di Maluku, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, mengingatkan tentang potensi cuaca ekstrem selama masa arus mudik Lebaran 2024 ini.

Perubahan cuaca yang tiba-tiba diperkirakan terjadi terutama di Pulau Jawa pada tanggal 5 hingga 11 April 2024 mendatang, bertepatan dengan arus mudik Lebaran.

"Kami memprediksi cuaca ekstrem dari tanggal 5 hingga 11 April 2024, dengan potensi hujan sedang hingga lebat," katanya.

Guswanto juga menyatakan bahwa pada tanggal 12 April dan seterusnya, aktivitas cuaca ekstrem diperkirakan akan menurun menjadi hujan ringan. Faktor-faktor yang memengaruhi hal ini termasuk aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) yang mempengaruhi Daerah Konvergensi Antar-Tropik (DKAT), pembentukan bibit siklon tropis, dan keberadaan siklon tropis Megan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES