Peristiwa Nasional

Irjan Kemenag RI Ingatkan PPIH Perkuat Integritas dan Pelayanan

Minggu, 24 Maret 2024 - 21:14 | 18.74k
Inspektur Jenderal Kementerian Agama (Kemenag RI), Dr. Faisal Ali Hasyim, saat mengisi Bimtek PPIH Arab Saudi, Minggu (24/3/2024). (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
Inspektur Jenderal Kementerian Agama (Kemenag RI), Dr. Faisal Ali Hasyim, saat mengisi Bimtek PPIH Arab Saudi, Minggu (24/3/2024). (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Inspektur Jenderal Kementerian Agama (Kemenag RI), Dr. Faisal Ali Hasyim, menegaskan pentingnya integritas dan pelayanan yang berkualitas bagi seluruh calon petugas haji.

Hal ini disampaikannya saat menjadi narasumber dalam Bimtek PPIH Arab Saudi 1445H/2024 M di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Minggu (24/3/2024).

"Kita harus samakan visi bahwa sebagai petugas haji harus dioptimalkan perannya untuk beribadah melayani umat. Jika ada yang tidak siap, silakan keluar dari barisan,” ujar Faisal dengan tegas.

Faisal juga menyampaikan bahwa Inspektorat Jenderal Kementerian Agama (Itjen Kemenag) akan mengawasi setiap kebijakan dan proses penyelenggaraan ibadah haji.

"Termasuk hari ini, saya minta dipantau pelaksanaan Bimtek ini. Kalau dalam proses Bimtek ada yang tidak disiplin, informasikan ke saya supaya yang bersangkutan dicoret saja dari petugas haji,” tambahnya.

Tindakan ini diambil sebagai upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan Indeks Kepuasan Jemaah Haji (IKJH) di tahun ini. Faisal menekankan pentingnya komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

"Tahun ini indeks kepuasan haji harus meningkat, sepakat?" seru Irjen Faisal, yang disambut dengan sorak sepakat dari 1.230 peserta Bimtek.

Menurutnya, misi haji bukanlah misi sektoral, melainkan misi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Faisal menegaskan tujuh hal yang harus dilakukan oleh petugas haji Indonesia selama melayani jemaah, antara lain patuh, taat, dan disiplin dalam menjalankan tugas di bawah komando Menteri Agama sebagai Amirul Hajj; profesional dan mengutamakan layanan kepada jemaah; menghindari diri dari perbuatan tercela; proaktif dalam menangkal hoaks; menjaga integritas dan kehormatan bangsa; mengawal kepuasan layanan jemaah haji; serta menjaga kekompakan dan kepedulian sesama petugas haji Indonesia.

Dengan komitmen dan integritas yang kuat, diharapkan setiap petugas haji dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah haji Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES