Peristiwa Nasional

Pj Wali Kota Malang Raih Penghargaan Terbaik 1 PPD dari Presiden Jokowi di Musrenbangnas 2024

Senin, 06 Mei 2024 - 12:25 | 30.52k
Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat bersama sejumlah kepala daerah mendapat penghargaan dari Presiden Jokowi. (Foto: Pemkot Malang for TI)
Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat bersama sejumlah kepala daerah mendapat penghargaan dari Presiden Jokowi. (Foto: Pemkot Malang for TI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tangan dingin Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menangani berbagai persoalan di Kota Malang dan perencanaan pembangunan yang matang berbuah manis. Itu setelah pencapaian luar biasa dalam perencanaan pembangunan regional di Pemkot Malang mendapat  Penghargaan Terbaik 1 Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Nasional di Jakarta hari ini (6/5/2024).

Penghargaan prestisius ini diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dalam sebuah seremoni yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta hari ini dalam rangka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024.

Musrenbangnas 2024, yang diselenggarakan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, bertujuan untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2025 dengan tema 'Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan'. Acara ini menandai momen penting bagi pemerintah dalam mengarahkan agenda pembangunan negara ke depan.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menekankan bahwa kondisi global saat ini penuh dengan tantangan yang tidak mudah, termasuk prediksi pertumbuhan ekonomi global yang hanya 3,2 persen dan dampak berkelanjutan dari pandemi COVID-19. 

"Kita harus sangat hati-hati dalam mengelola keuangan dan anggaran negara untuk menghindari kesalahan dalam pengalokasian dana dan untuk memastikan efektivitas dalam prioritas penggunaan dana," ungkap Jokowi.

Dalam konteks yang lebih luas, Presiden menyatakan kekhawatiran terhadap kenaikan harga minyak dan suku bunga pinjaman yang dapat memberikan beban signifikan terhadap fiskal negara. Oleh karena itu, ia menyerukan kehati-hatian dan sinkronisasi dalam pelaksanaan pembangunan, mengambil contoh dari proyek-proyek irigasi yang tidak terkoordinasi dengan baik dari pusat hingga ke daerah.

Tampak hadir Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, serta Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, menunjukkan dukungan kuat pemerintah pusat terhadap agenda pembangunan nasional. Mereka juga akan memberikan arahan pada sesi kedua acara ini.

Musrenbangnas 2024 juga menampilkan expo pembangunan daerah, yang menjadi kesempatan bagi daerah-daerah untuk memamerkan pencapaian dan proyek pembangunan mereka yang telah maupun yang akan datang. Ini adalah bagian dari usaha pemerintah untuk memperkuat kolaborasi antara pusat dan daerah dan untuk menggalakkan inovasi dalam pengelolaan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan di seluruh Indonesia.

Penghargaan yang diterima oleh Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat tidak hanya menegaskan komitmen Malang terhadap pembangunan berkelanjutan, tetapi juga mendorong daerah lain untuk mengikuti jejak langkah serupa dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah yang efektif dan efisien. Ini juga menandai komitmen berkelanjutan pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pembangunan yang diarahkan dan terencana dengan baik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES