Peristiwa Nasional

Menteri Agama RI Cek Persiapan Akhir Layanan Jemaah Haji di Arab Saudi

Selasa, 07 Mei 2024 - 07:17 | 13.94k
Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas (tengah) bersama tim bertolak ke Arab Saudi, untuk mengecek persiapan layanan Haji 2024. (Foto: Kemenag RI)
Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas (tengah) bersama tim bertolak ke Arab Saudi, untuk mengecek persiapan layanan Haji 2024. (Foto: Kemenag RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi untuk mengecek persiapan akhir layanan bagi jemaah haji Indonesia menjelang keberangkatan.

Tahun ini, Indonesia mendapat kuota sebanyak 241.000 jemaah haji, dengan rincian 213.320 jemaah haji reguler dan 27.680 jemaah haji khusus. Proses pemberangkatan jemaah haji reguler akan dimulai secara bertahap pada 12 Mei 2024 hingga 10 Juni 2024.

Menag RI akan meninjau persiapan layanan di Makkah, Madinah, serta persiapan layanan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Pendampingan dalam kunjungan kerja ini dilakukan oleh Staf Khusus Bidang Media dan Komunikasi Publik, Wibowo Prasetyo, dan Staf Khusus Menag Bidang Hukum, Abdul Qodir.

“Kita juga akan melakukan pertemuan dengan pihak Masyariq di Jeddah, untuk meng-update sejumlah persiapan layanan yang penyediaannya menjadi tanggung jawab mereka. Kita juga akan bahas sejumlah langkah mitigasi untuk memastikan layanan berjalan lancar dan kejadian tahun lalu tidak terulang,” ungkap Menag.

Di samping itu, pemeriksaan akan dilakukan terhadap kesiapan hotel dan konsumsi jemaah, serta terminal bus shalawat di Makkah, baik di Syib Amir maupun Ajyad.

Sebelum kedatangan jemaah haji di Arab Saudi, Kementerian Agama juga akan memberangkatkan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1445 H/2024 M.

Tim advance PPIH Arab Saudi telah berangkat pada 2 Mei 2024. Selanjutnya, PPIH Daker Bandara dan Daker Madinah akan diberangkatkan pada 8 Mei 2024, dan PPIH Daker Makkah dijadwalkan berangkat pada 15 Mei 2024.

“Insya Allah saya akan melepas keberangkatan kloter pertama jemaah haji Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, pada 12 Mei 2024,” tandas Menag.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES